Keuntungan Penggunaan Peti Kemas dalam Pelayaran

Image result for peti kemas
Peti Kemas adalah peti yang terbuat dari logam yang memuat barang barang yang lazim disebut sebagai barang barang umum (general cargo) yang akan dikirimkan melalui laut. Berbeda dengan cara pengangkutan dengan kapal konvensional maka sejak pemuatan sampai kepada pembongkaran (bahkan sampai ke tempat yang dituju) barang barang yang dikirim dengan peti kemas tidak dijamah orang, karena dengan peti itu barang dimuat diatas kapal dan bersama peti itu pula barang dibongkar dari dalam kapal dan diturunkan ke darat.

Keuntungan penggunaan peti keas dalam pengangkutan barang-barang melalui laut adalah :
1. Bongkar muat dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan dengan bongkar muat barang barang dengan pengepakan konvensional (general cargo) 
 Image result for peti kemas
2. Penurunan persentase kerusakan karena barang barang disusun secara mantap didalam peti kemas dan hanya disentuh pada saat pengisian dan pengosongan peti kemas tersebut saja. jadi kerusakan barang lebih kecil kemungkinannya .

3. Berkurangnya persentase barang barang yang hilang akibat dicuri (theft and pilferage) karena barang barang tersebut tertutup didalam peti kemas dari logam itu.
Image result for peti kemas
4. Memudahkan pengawasan oleh shipper  yang bila perlu dapat menyimpan barangnya ke dalam peti kemas di arena pergudangannya sendiri. Si penerima juga dapat dengan mudah mengawasi pembongkaran di arena pergudangannya sendiri (door to door service), bilamana dikehendakinya.

5. Dapat dihindarkan percampuran barang barang yang sebenarnya tidak boleh becampur satu sama lain .

Post a Comment

0 Comments