Bagaimana cara mendapatkan perusahaan untuk praktek
laut?
Bagaimana cara dan etika melamar di perusahaan
pelayaran?
Dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk melamar
sebagai cadet?
Photo by Flavio Gasperini on Unsplash
Dan masih banyak pertanyaan lain yang ada di benak seorang
Taruna Pelayaran atau Cadet yang akan
melaksanakan Praktek Laut (PRALA). Setelah menjalani kuliah selama 3 atau 4
semester, seorang cadet wajib
mempunyai pengalaman layar atau praktek laut tidak kurang dari satu tahun untuk
memenuhi salah satu persayaratan STCW untuk mendapat Ijazah ANT/ATT kelas III
(COC III).
Oleh karena itu seorang cadet harus berlayar di perusahaan pelayaran. Menurut pengalaman
dan pengamatan yang saya lakukan, ada empat cara untuk mendapatkan perusahaan
tempat praktek laut, antara lain:
1.
Dari Sekolah atau Akademi yang telah
bekerja sama dengan perusahaan pelayaran. Dari sini anda harus mempunyai nilai
akademik (dan Bahasa Inggris) yang baik agar terpilih mengikuti seleksi.
2.
Hasil Berjuang Sendiri dengan melamar di perusahaan
pelayaran dan melaksanakan tes di kantor tersebut. Jakarta adalah tujuan utama
pelaut untuk melamar di perusahaan domestik maupun mancanegara, kemudian tujuan
kedua adalah Surabaya.
3.
Lewat Broker dengan
cara membayar sejumlah uang sebagai jasa, mereka akan mencarikan anda kapal
untuk on board. Anda harus sangat berhati-hati
karena cara ini rawan dengan penipuan orang yang tidak bertanggung jawab.
Jikalau pun naik kapal, anda harus teliti dengan isi surat perjanjian kontrak
dan dokumen yang diberikan.
4.
Channel Keluarga atau Orang Dekat*. Tidak bisa dipungkiri dengan
relasi ini mereka akan mengusahakan anda dan mempunyai pengaruh besar agar anda
diterima. Ada kalanya anda tetap melampirkan lamaran dan melaksanakan tes hanya
untuk formalitas.
*NAMUN, banyak perusahaan bonafit yang tidak menerima hal
ini. Contohnya perusahaan Internasional yang selalu menjaga kualitas dan integritas
untuk tetap bersaing di pasar. Saya sarankan jangan berpangku tangan dan
bergantung pada channel, jika anda
punya kualitas pasti perusahaan yang akan membutuhkan anda untuk menjadi Cadet
di perusahaan tersebut :)
Kali ini saya akan membahas poin nomor 2, yaitu
berjuang dengan melamar di perusahaan pelayaran. Anda harus melampirkan semua dokumen
sesuai dengan persyaratan.
Perihal penyerahan dokumen
dan berkas pendukung, saya akan membahas tata cara dan etikanya dalam dua
bagian yaitu: Mendatangi langsung perusahaan pelayaran dan Mengirim lamaran via
e-mail ke perusahaan pelayaran.
A.
Mendatangi langsung perusahaan pelayaran.
Menurut hasil diskusi dan pengamatan
yang saya lakukan pada pelamar praktek laut/pelamar kerja dan divisi crewing perusahaan pelayaran, dapat
disimpulkan bahwa setiap perusahaan pelayaran memiliki standar dan persyaratan
minimal yang berbeda perihal kelengkapan dokumen saat mendaftar. Oleh karena
itu, akan saya sampaikan daftar terlengkap apabila anda ingin menyebar CV
1.
Persiapan Dokumen
-
Application Letter (Surat Lamaran)
-
Curicculum Vitae (CV/Daftar Riwayat Hidup)
-
Surat Ijin Berlayar (SIB) – Dari instansi masing-masing
-
Foto copy seluruh sertifikat COP – Aslinya harus dibawa
-
Passport
-
Seaman Book (Buku Pelaut)
-
International Certificate of Vaccination (Yellow
Book/Buku Kuning) – Yellow Fever
-
Pocket Book (Buku Saku Taruna)
-
Pas Photo 3x4 dan 4x6 – Background dan jumlah
menyesuaikan: Deck Biru dan Engine Merah
-
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
Daftar di atas adalah dokumen yang (insyaallah) paling
lengkap dan perlu anda siapkan serta harus dibawa kemanapun anda melamar. Namun
bagi kebanyakan pelamar hanya melampirkan Application
Letter, CV, dan SIB di dalam map yang mereka sebar. Untuk dokumen lain
diberikan jika diminta atau jika anda dipanggil untuk laporan kedua. Maka dari
itu, CV harus lengkap berisi seluruh data mengenai seluruh sertifikat dan
dokumen lain yang anda miliki meliputi nama sertifikat/dokumen, nomor seri,
tanggal terbit, tanggal kadaluarsa dan lokasi terbit.
2.
Melamar di Kantor
Tentukan terlebih dahulu perusahaan pelayaran mana saja
yang anda tuju dan buat jadwal keberangkatan anda menyesuaikan faktor kedekatan
lokasi antar perusahaan pelayaran agar usaha anda efisien waktu dan tenaga.
Dalam satu hari anda dapat menentukan 3 sampai 4 perusahaan pelayaran.
Kalau bisa, JANGAN
melamar perusahaan secara gerombolan (apalagi jika jurusannya sama semua), hal
ini akan mengurangi persentase kesempatan lolos anda dan rekan anda berkurang.
Lebih baik anda melamar secara berpasangan, hanya Cadet Deck dan Cadet Engine. Kenakan
seragam anda dan tampillah serapi mungkin. Seragam disetrika, atribut dibrasso,
sepatu disemir dan rambut di pomade :) (meninggalkan mess dalam keadaan rapi, bersih dan wangi)
Tata krama
melamar di kantor:
-
Ketuk pintu sembari ucapkan “Mohon ijin masuk”, lalu
langsung buka pintu dan masuk ke dalam. Tidak perlu menunggu respon jawaban,
apalagi menunggu ada yang membukakan pintu.
-
Berikan salam (Selamat Pagi/Siang/Sore) kepada orang yang
berada di dalam, entah dia staff kantor, satpam, atau pelamar lain.
-
Sampaikan maksud dan tujuan anda, contoh:
“Selamat pagi Bapak, saya adalah Cadet Deck ingin melamar
Praktek Laut di perusahaan . . . “
-
Anda akan diminta untuk mengisi formulir lamaran yang
diberikan oleh perusahaan. Isi dengan seksama sesuai dengan dokumen yang anda
bawa. Atau bisa jadi anda hanya diminta untuk menumpuk map anda, bersama
map-map lain yang telah usang berdebu - sabar :)
-
Sebelum pulang, minta contact
person perusahaan yang bisa dihubungi dan tanyakan kapan anda harus laporan
kembali atau melaksanakan tes.
-
Pamit dan ucapkan teimakasih.
B. Mengirim lamaran via e-mail ke perusahaan pelayaran.
Memang lebih mudah dan tidak perlu menguras enerji jika
lamaran dikirim melalui e-mail. Namun tetap ada kaidah dan etika yang patut
diperhatikan, contohnya: gunakan alamat e-mail formal, pastikan alamat yang
dituju adalah divisi yang menangani crewing,
dan laksanakan tahapan di bawah ini:
1.
Persiapan dokumen
Persiapan dokumen melamar via e-mail tidak berbeda dengan
cara melamar langsung ke kantor, hanya saja semua format berkas berupa data
digital. Anda dapat scan seluruh
dokumen yang berada pada poin A.1
-
Untuk format Surat Lamaran dan CV dapat dirubah menjadi .pdf
-
Untuk format dokumen dan sertifikat hasil scan dapat dijadikan .pdf, .png atau .jpg/.jpeg
*TIDAK
dianjurkan melampirkan data dengan format selain yang tertera di atas (contoh: .doc/.docx dan .xls/.xlsx).
2.
Mengirim e-mail
-
Isi
alamat dan judul e-mail sesuai
fomat yang disyaratkan perusahaan. Contoh,
: Application of CADET DECK Prala: Muhammad Reza Wardani
-
Isi kolom
badan surat dengan biodata singkat dan tujuan anda mengirim e-mail.
Contoh,
==============================================================
Good day sir,
Excuse me to introduce my self, I am
Name :
MUHAMMAD REZA WARDANI
Rank :
DECK CADET
Seafarer Code : 621152XXXX
Place, Date of Birth :
BANYUWANGI, 30-11-1995
Academy :
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Hereby I would like to apply to be Deck Cadet in your
good company. For further information I attach the application letter, CV and Surat Ijin Berlayar. Kindly please to find
the attachments below. And if you need
other documents, once request, please contact me by this e-mail or by my phone
number (+62822-2095-XXXX).
I am very interested to look forward your response and
the opportunity to work and learn in your good company, thank you.
Sincerely,
Muhammad Reza Wardani
Deck Cadet
==============================================================
*Banyak dari crewing sangat ‘gatal’ dan merasa
disepelekan jika ada pelamar yang tidak mengisi badan surat, atau hanya
melampirkan dokumen tanpa mengisi data diri dan tujuan e-mail tersebut. Jadi buat
lamaran anda se-profesional mungkin :)
-
Lampirkan
dokumen. Lagi-lagi tidak ada persyaratan yang paten mengenai
dokumen apa saja yang perlu dikirim. Anda dapat menyesuaikan sesuai persyaratan
dan permintaan dari perusahaan yang anda tuju. Yang pasti, siapkan semua data scan sertifikat dan dokumen serta pastikan
nama lampiran anda sesuai dan tidak tampak berlebihan.
-
Kirim
e-mail, lalu monitor setiap hari jikalau ada balasan dari perusahaan. Sabar menunggu jangan terburu-buru,
butuh waktu bagi perusahaan untuk me-review
semua lamaran yang masuk ke e-mail mereka.
Tulisan di atas bersumber dari hasil diskusi, pengamatan, dan referensi dari berbagai sumber. Saya sendiri
belum pernah merasakan bagaimana mencari tempat praktek laut, karena
alhamdulillah saya telah mendapat perusahaan dari kampus. Oleh karena itu mari
belajar bersama dan saya sangat berterimakasih jika ada pertanyaan, saran dan
kritik :)
SOURCE : https://mrezawardani50.blogspot.com/2018/07/saya-seorang-cadet-bagaimana-cara.html
0 Comments