Social Media alias SOSMED Menurut saya.


 

                                             Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

 Netizen indonesia dapet penghargaan dari microsoft ya? jadi netizen paling gak sopan di dunia. harusnya ngapain nih?

gini gini, menurut gua. orang indonesia masih banyak yang menganggap tidak ada kesinambungan antara dunia nyata dan dunia maya. iya, jadi doi ngiranya kalo misalnya kata kataan di sosmed gabakal ada imbasnya di dunia nyata. padahal kan banyak ya yang dilaporin gara gara komen sembarangan.

gua juga resah sebenrnya. kalo ga resah ga gua tulis disini. karena blog gua isinya keresahan gua yang gua utarkaan sama pengetahuan yang pengen gua kasih.hehe 

gua juga resah sebenernya, kalo ngeliat temen temen gua yang suka asal asalan ngomong kalo di sosmed, apalagi komen IG. buset anak orang dimirip miripin ama tapir. ada yang komen dikatain orang mukany rata kaya papan tulis. kupingnya ga simetris. emang jahat orang indonesia kalo di social media. terus apalagi kalo artis salah dikit. busettt asli caur banget baca komentarnya. contoh kecilnya itu penyanyi religi yang kemaren busettt dah itu mulut netizen enteng banget pada. rame bener komentar di youtubenya, disangka munafik atau apalah. paling kocak dikatain begini "kok mau selingkuh sama cowo yang mukanya kaya pinggiran koreng" ya allah wkwkw gua ketawa aja. cuman jahat banget asli tangan netizen muka dong disamain ama koreng anjir. 

tapi gua tidak mendukung bullying begitu, ya gua punya prinsip gini. kalo misalnya menyangkut hal pribadi. kayaknya gapantes kita komentarin. kecuali soal karyanya tuh. kita berhal ngritik. misal, gua suka ama om iwan fals. ketika lagu om iwan fals tidak setajam dulu, wajar gua komentar "om lagunya tidak setajam dulu, ayo om bikin lagu yang tajam seperti dulu". ya itu gapapa karena itu karyanya yang dibuat emang untuk pendengarnya. asal mengomentari karyanya menggunakan bahasa yang pantas dan sopan. 

kata kataan yang gua setujui cuman kata kataan atau ejek ejekan saat ditongkrongan atau chat sama temen deket lu. selebihnya gua tidak mendukung apapun jelek jelekin kata katain orang.

meskipun itu artis, atau apalah public figure. kalo masalah pribadi kayaknya kita ga berhakuntuk ngata ngatain. atau komentar. ya kalo komentar itu jadi diskusi intern kawan kawan kita aja gausah di sosmed. gitu temen.

 

ditulis dengan cinta karena sambil zoom ama dosen gua bosen.

RIZKY APRIYANSAH 

ganteng,

Post a Comment

0 Comments