Abaft = buritan, di bagian belakang
Aboard = Di (atas, dalam), berada di atas/dalam kapal, naik kapal.
Abyss = That volume of
ocean lying below 300 fathoms from surface. Bagian dasar laut yang
menyerupai jurang ngarai yang sangat dalam, biasanya berada dalam
kedalaman 300 mil.
Accommodation Unit /
Floatel = Biasanya digunakan untuk menyelam atau seperti jackup (liat
Jackup), dilengkapi dengan kabin, fasilitas makanan dan kantor yang
mampu menampung hingga 800 personel konstruksi atau operator platform
lepas pantai. Sebuah unit akomodasi biasanya juga dilengkapi dengan
ruang kerja dan fasilitas penyimpanan.
Adrift = Terapung-apung,
hanyut terkatung-katung. Berada dalam kondisi terapung di laut saat
angin betiup kencang dan pada saat pasang air laut, biasanya digunakan
untuk menyebut orang yang tidak berada pada tempatnya; meninggalkan
tempat kerja.
Aframax = Sebuah kapal
tanker yang memuat minyak dengan berat mati 75.000-115.000 ton. Ukuran
statistik ini digunakan untuk menjaga stabilitas ukuran dari “Aframax
Tanker”, karena pada beberapa tanker berat matinya lebih dari 125.000
ton atau bahkan kurang dari 70.000 ton.
Against the Sun = Pergerakan yang berlawanan dengan arah jarum jam. Tali yang kidal digulung dengan cara ini.
AHTS = Anchor Handling Tug & Supply, kapal pengatur jangkar yang juga dikombinasikan dengan fungsi kapal suplai.
All Risks: Pertanggungan
untuk semua jenis kerugian dan kerusakan namun tak termasuk kerusakan
karena sifat barang sendiri, kehilangan kesempatan pasar dan risiko
karena kerusuhan dan peperangan.
Alongside = Berada di samping kapal, dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.
Altar = Tangga/undakan pada dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah.
Anchor Handling Tug
(AHT) = Kapal yang membawa tugas tertentu untuk proses operasional di
laut seperti memasang dan memindahkan jangkar, mengangkut alat-alat
instalasi pengeboran bawah laut, dsb. Kapal tersebut juga dapat
berfungsi ganda sebagai kapal pensuplay kebutuhan (Anchor Handling Tug
& Supply / AHTS).
Anchor Ice = Es, dalam bentuk apapun, yang terdapat di laut dan dapat membahayakan kapal.
ANNUAL SURVEY = Inspeksi tahunan yang dilakukan oleh petugas khusus (biasanya dari class) untuk mengecek keadaan kapal.
Apeak = Kondisi dimana tali pengait pada jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.
A-stay = Kondisi tali
pengait jangkar pada saat bagian ujungnya yang bergerak kira-kira sama
dengan sambungan bagian depan yang diam.
Athwart = Menyeberang. Transfer.
A-trip = Kondisi dimana tali pengait jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.
Avast = Permintaan untuk segera berhenti, berhenti dari sebuah aksi.
Awash = Terendam air, diliputi ombak.
Ballast = Pemberat pada
kapal yang biasanya digunakan oleh kapal-kapal pengangkut kargo setelah
kargo tersebut dibongkar. Sehingga kapal tidak kehilangan keseimbangan
saat melaju tanpa muatan. Kapal kargo yang tanpa muatan biasanya
memasukkan air laut untuk pemberat, kondisi ini dinamakan “ballast”.
Bar Taut = Kondisi tali saat mengalami tekanan sedemikian rupa hingga menjadi kaku.
Bareboat Charter =
Proses peminjaman kapal kosong oleh penyewa berdasarkan perjanjian
sewa-menyewa antara pemilik kapal dan penyewa, dengan tarif sewa yang
telah ditentukan. Pada saat kapal tersebut disewa maka menjadi milik
penyewa dan bertanggungjawab atas segala biaya operasional kapal dan kru
kapal serta asuransi kapal sampai batas perjanjian selesai.
Barque = Kapal layar
dengan tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang belakang yang dipasang
pada haluan dan buritan, dan tiang lainnya yang dipasang pada tengah
kapal.
Barquentine = Kapal
layar dengan tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang depan yang
dipasang pada bagian tengah kapal dan tiang lannya yang dipasang pada
haluan dan buritan.
Barratry = Tindakan
operasional yang tidak sesuai dengan prosedur atau etika yang dilakukan
secara sengaja oleh nahkoda atau anak buah kapal tanpa sepengetahuan
pemilik barang atau kapal, dan menimbulkan kerugian baik bagi pemilik
kapal maupun pemilik barang.
Beams Ends = Keadaan kapal saat garis geladaknya hampir berposisi vertikal karena terlalu lama dalam keadaan diam.
Bear Off = Menapiskan,
menjauhkan; perintah yang diberikan kepada awak kapal di bagian haluan
untuk menjauhkan kapal dari dinding dermaga atau obyek lainnya yang
berada di sisi kapal; perintah menjauhkan kapal dari obyek yang bergerak
mendekat.
Before the Mast = Sebutan untuk seseorang yang telah lama berlayar; di depan tiang kapal.
Belay = Istilah yang
sering digunakan pelaut yang menyatakan penangkapan, atau membatalkan,
menghentikan sesuatu; mengikat tali secara cepat dengan melilitkannya
pada paku, atau obyek lain.
Bergy Bits = Pecahan
dari es yang berukuran kurang lebih seukuran rumah kecil, biasanya
merupakan patahan dari bongkahan glasier.
Berth = Tempat di mana
sebuah kapal sedang ditambatkan atau diamankan; tempat di sekitar kapal
yang dipasangi jangkar atau yang akan dilempar jangkar; akomodasi
terbagi dalam kapal; perekrutan kru kapal; menempatkan kapal pada tempat
yang diinginkan.
Beset = Kondisi kapal saat dikelilingi sepenuhnya oleh es.
Bleed the Monkey = Mencuri secara sembunyi-sembunyi isi dalam sebuah tong dengan membuat lubang kecil dan menyedot isinya.
Boat = Kapal kecil yang
biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang atau kegiatan lainnya
dalam skala yang kecil dan untuk jangkauan jelajah yang kecil pula.
Bone = Busa yang terdapat pada baling-baling kapal yang sedang bergerak yang biasanya jarang diketahui atau diperhatikan.
Booby Hatch = Penutup
yang dapat digerakan secara meluncur yang biasa terdapat pada kabin
kapal kecil, ruang penyimpanan, atau kantor kru kapal.
Bound = Proses menuju tujuan tertentu atau tempat yang spesifik.
Bouse = Menghela atau
menyeret tali ke bawah. Sebenarnya ‘menghela’ berarti menarik ke atas,
‘menyeret’ berarti menarik secara horizontal. Perpaduan kata ini berarti
menarik tali ke bawah.
Bowse = Menjatuhkan tali ke bawah.
Brash = Pecahan es yang biasa terdapat di lautan dengan ukuran yang relatif kecil yang berdiameter sekitar 6 kaki.
Breach = Sebutan bagi gelombang atau ombak yang menghantam kapal hingga rusak.
Breast = Garis pemasangan jangkar yang kurang lebih tegak lurus dengan garis haluan dan buritan kapal.
Breast Rope = Tali
jangkar yang terpasang dari bagian haluan atau tengah kapal dengan sudut
yang tepat terhadap garis depan dan belakang kapal.
Brig = Kapal dengan dua buah tiang.
Brigantine = Kapal
perompak atau bajak laut; kapal bertiang dua yaitu tiang depan dan tiang
utama tetapi dengan layar utama depan dan belakang, yang ada pada abad
19; pengertian pada kapal masa kini adalah kapal bertiang dua dengan
tiang depan dan tiang utama.
Brow = Jalan kecil yang menghubungkan kapal dengan daratan saat berada di dermaga atau di sisi tambatan kapal.
Bucko = Petugas/pengawas yang suka menggertak dan kejam.
Bulk Carrier = Sebuah kapal dengan geladak tunggal untuk membawa kargo/muatan yang sejenis.
Bulkhead = Bagian depan
dan buritan, pembagian bagian kapal secara vertikal untuk memisahkan
interior menjadi beberapa kompartemen. Dapat tembus air, meningkatkan
rigiditas struktur kapal, dapat melokalisasi efek kebakaran dan air jika
terjadi banjir.
Bulk-oil carrier = Kapal
multifungsi yang dibuat untuk mengangkut batubara atau minyak. Kapal
ini biasanya memiliki penutup tahan air agas batubara tidak basah ketika
hujan.
Bunker = Bahan bakar minyak yang digunakan untuk mengoperasikan mesin kapal atau generator.
Buoyage = Kondisi di
mana pelampung sedang dilemparkan atau diletakkan di lautan untuk
menolong orang atau untuk menstabilkan kondisi kapal.
Burgoo = Nama seorang
pelaut yang digunakan untuk menyebut bubur gandum. Pertama kali
disebutkan dalam “Adventures of Sea” karya Edward Coxere (1656)
By the Board = Di atas kapal atau di sebelah kapal.
Cable = Istilah unit kelautan untuk menyatakan jarak yang bernilai sekitar 1/10 mil atau 608 kaki atau 200 yard.
Calving = Menghancurkan atau memisahkan bongkahan es dari glasier atau gunung es.
Camber = Bagian geladak
yang melengkung untuk menahan air; bagian standar dari geladak luar yang
berukuran sekitar 1/50 lebar kapal.
Camel = Cekungan di
bawah kapal yang terbuat dari logam atau kayu yang diisi air. Saat
airnya terpompa keluar, bagian ini akan dapat mengangkat kapal.
Merupakan alat penting untuk tindakan penyelamatan. Biasanya
dioperasikan secara berpasangan. Telah digunakan di Rotterdam pada tahun
1690; istilah untuk tindakan pengangkatan kapal.
Can Hooks = Dua pengait
datar yang dapat bergerak bebas pada tali rantai atau kabel. Pengait ini
terletak di bagian bawah tong kosong sehingga berat tong tersebut hanya
pada rantai atau kabel yang akan mencegah pengait terlepas.
Capesize = Kapal yang
terlalu besar untuk melewati Terusan Suez dari Teluk Arab, sehingga
terpaksa melewati Tanjung Harapan, dengan berat mati sekitar
80.000-175.000 ton.
Captain = Pangkat dalam
Angkatan Laut di antara Komandan dan Komodor; Ketua kapal pedagang/kapal
biasa yang memberi perintah di kapal.
Careen = Mengatur posisi
kapal sehingga sebagian besar bagian bawahnya berada di atas air, untuk
keperluan perbaikan atau penambahan bahan anti-karat. Biasanya
dilakukan pada kapal kecil.
Carry on = Melanjutkan pelayaran dengan layar terkembang karena kondisi angin yang memburuk.
Catching up Rope = Tali ringan pada pelampung untuk menahan kapal saat pemasangan jangkar.
Catenary = Rantai
panjang pada bagian tengah tali pengeret untuk mengurangi tekanan yang
mendadak; beban apapun yang dipasang pada tambang kapal untuk mengurangi
tekanan; lengkungan yang terbentuk oleh rantai yang menggantung pada
dua titik.
Cat's Skin = Angin sepoi-sepoi yang hangat pada permukaan laut.
Charter = Penyewaan kapal dengan selang waktu dan jarak pelayaran atau paket perjalanan tertentu.
Charter party = Kontrak
antara pemilik kapal dan penyewa, dengan syarat dan ketentuan detail
setiap tanggungjawab pada transaksi.
Charterer = Pihak yang menyewa kapal dari pemilik kapal.
Check = Mengendurkan tali sedikit, kemudian mematikan ikatan tali tersebut.
Checking = Mengendurkan tali sedikit dengan hati-hati dan teliti.
Chemical tanker = Kapal
tanker yang dibuat khusus untuk transportasi bahan kimia. Biasanya
dilengkapi dengan beberapa tanki berlapis bahan stainless steel. Kapal
ini dapat membawa beberapa bahan kimia yang berbeda sekaligus, karena
masing-masing tanki memiliki sistem pipa dan pompa tersendiri untuk
proses bongkar dan muat bahan kimia.
Chuch = Sebutan yang biasanya diberikan untuk ketua yang adil.
Classification =
Pengelompokan, klasifikasi. Setiap kapal harus memasuki komunitas
klasifikasi jenis kapal tertentu untuk kemudahan asuransi dan perekrutan
tenaga kerja pada kapal. Komunitas klasifikasi ini merupakan badan
independen di bawah pengawasan para professional perkapalan. Untuk
mempertahankan klasifikasi, kapal harus memenuhi standar dan diinspeksi
oleh komunitas klasifikasi yang bersangkutan.
Clock Calm = Cuaca laut yang sangat tenang dengan ombak yang sempurna.
Close Aboard = Dekat, berdampingan, sangat dekat.
Colimation =. Penjajaran yang benar pada bagian optis suatu instrumen.
Combination carrier =
Kapal yang dapat mengangkut baik kargo cair maupun serbuk atau kering.
Ada dua jenis combination carrier: ore carrier, pengangkut bijih
tambang, dan bulk-tank-ships, kapal tanki pengangkut serbuk kering.
Container vessel = Kapal
yang didesain khusus untuk membawa kontainer standar (TEU). Biasanya
disebut juga cellular container ship. Sebagian besar kapasitas
pengangkutan kargo berada pada bagian atas geladak tempat kontainer
diletakkan, atau pada ruang bersekat tertentu. Kontainer diangkut dan
diturunkan dengan derek khusus. Container ship biasanya melaju dengan
cepat dan terjadwal.
Crack on = Menjalankan kapal atau berlayar dengan kecepatan dan kemampuan penuh.
Craft = Kapal atau beberapa kapal dengan berbagai jenis dan ukuran.
Crane and Construction
Vessel / Unit = Sebuah kapal, perahu, atau kapal selam yang memiliki
perlengkapan untuk konstruksi atau perbaikan suatu instalasi. Kadang
juga menawarkan fasilitas akomodasi. Pelayanan lain yang ditawarkan
adalah fasilitas penyimpanan, suplai air, udara bertekanan dan listrik,
ruang kantor, pusat komunikasi, landasan helikopter , dan lain-lain.
Crank = Sebutan untuk
kapal yang memiliki stabilitas rendah, yang dapat disebabkan oleh proses
pembuatannya atau karena goncangan kargo yang dibawanya.
Creep = Mencari obyek tenggelam dengan mengirimkan pencari ke dasar laut.
Crew = Awak kapal,
personel kapal selain nahkoda yang bekerja pada perahu atau kapal.
Kadang-kadang awak kapal dibedakan dengan pegawai kapal; tetapi pegawai
atau petugas kapal dapat berarti awak kapal yang legal.
Crimp = Seseorang yang
mengumpan pelaut dari kapalnya dan merampok pelaut tersebut, dan atau
memaksa pelaut untuk meninggalkan/pindah kapal.
Crude Oil Carrier =
Kapal yang didesain untuk membawa minyak mentah dalam tanki. Contoh
kapal jenis ini diantaranya Panamax (berat mati 50.001-80.000ton),
Aframax (berat mati 80.001-120.000ton), Suezmax (berat mati
120.001-200.000ton), VLCC (berat mati 200.001-350.000ton), dan ULCC
(berat mati 350.001 atau lebih).
Cruise = Berpesiar.
Perjalanan kapal dengan beberapa arah tujuan; berlayar dengan beberapa
arah tujuan untuk kesenangan, pencarian, atau keperluan latihan.
Cruise ship = Kapal
pesiar, kapal penumpang yang membawa penumpang untuk melakukan
perjalanan wisata diantara beberapa pelabuhan tertentu, biasanya dimulai
dan diakhiri di pelabuhan yang sama. Standar akomodasi dan rekreasi
kapal ini cukup tinggi.
Culage = Menempatkan kapal di atas dermaga untuk keperluan perbaikan.
Customary Dispatch = Kecepatan biasa dan sering digunakan.
Dead on End = Sebutan
untuk angin yang akan menghadang kapal; atau sebutan untuk kapal lain
yang garis haluan dan buritannya ada pada garis pandang pengamat.
Demurrage = Kompensasi
yang harus dibayar oleh penyewa kapal jika lama waktu bingkar dan muat
barang pada kapal yang disewa melebihi dari waktu yang ditetapkan dari
perjanjian sewa. Besarnya jumlah kompensasi ini biasanya disebutkan
secara eksplisit saat melakukan perjanjian sewa.
Deratisation = Pemberantasan tikus pada kapal.
Dingbat = Sebutan populer untuk alat pengepel yang terbuat dari tali tambang yang digunakan untuk mengeringkan geladak.
Ditty Bag = Tas kanvas kecil tempat pelaut menyimpan sesuatu yang kecil dan menguncinya.
Ditty Box = Kotak kayu
kecil dengan gembok dan kunci tempat pelaut menyimpan barang berharga,
alat tulis, dan berbagai macam sesuatu yang kecil.
Diurnal = Sehari-hari, perhari. Terjadi sekali dalam satu hari.
Diving Support Vessel =
Kapal yang memiliki perlengkapan selam, yang menjalankan berbagai jenis
operasi penyelaman. Kapal ini dapat juga dioperasikan dengan remote
control atau robot penyelam (Remote Operated Vehicle, ROV).
Donkeyman = Kelasi yang menangani pemanas atau mesin pembantu, dan membantu pekerjaan di ruang mesin.
Donkey's Breakfast = Sebutan yang digunakan oleh pelaut pedagang untuk matras atau tempat tidurnya.
Double bottom / double
hull = Lambung kapal atau bagian bawah kapal yang dibangun dengan teknik
tertentu sehingga terdiri atas bagian dalam dan luar yang terpisah oleh
ruang hampa, biasanya selebar beberapa kaki.
Drift Ice = Es pada
perairan yang mengandung pecahan es kecil yang terapung, tetapi total
area air lebih besar dari total area esnya.
Drilling Barge = Perahu
yang dilengkapi dengan peralatan untuk operasi pengeboran di laut yang
tenang. Biasanya tidak memiliki mesin penggerak. Kedalaman maksimum
pengeboran sekitar 150 meter.
Drilling Rig = Menara
bor dengan sistem pemompa lumpur dan dapat diputar. Dapat dipasang baik
pada pengeboran lepas laut maupun pada instalasi pengeboran lepas pantai
seperti kapal pengebor (drillship).
Drilling Tender =
Instalasi alat pengeboran untuk kapal yang jenisnya tergantung pada
kapal atau perahu untuk penyimpanan, akomodasi, dan sebagainya.
Drillship = Kapal yang
dilengkapi dengan drilling rig (menara bor) dan mesin penggerak
tersendiri. Posisi kapal ini tetap dengan adanya peralatan pengatur
posisi dinamis (Dynamic Positioning Equipment). Kedalaman maksimal
pengeboran sekitar 2.000 meter.
Dry cargo = Kapal yang membawa kargo kering, dapat memiliki satu atau lebih geladak.
Dunnage = Suatu material
dari jenis apa saja, baik permanen maupun sementara yang digunakan
untuk menjaga tempat penyimpanan dan melindungi kargo selama perjalanan
kapal.
DWT = Suatu unit
kapasitas kapal untuk kargo, bahan bakar, barang dan awak kapal, yang
diukur dalam satuan ton yang setara dengan 1.000kg. Berat mati (dwt)
kapal adalah total berat yang dapat dibawa oleh kapal saat proses
pemuatan barang.
Fair = Mengatur, mengubah, atau menyesuaikan bentuk atau ukuran.
Fairway = Jalur air yang dapat dilewati kapal, baik berupa terusan, pelabuhan, atau sungai.
Fake = Satu lingkar
kumparan atau tali; membentuk kumparan atau mengatur tali untuk ornamen
menjadi datar atau tampak datar yang biasanya berbentuk lingkaran atau
segi delapan. Kadang disebut juga “cheesing down”.
Fang = Katup kotak pompa. Memancing pompa
Farewell Buoy = Pelampung untuk digunakan pada tepi laut yang diberikan dari dermaga.
Fast = Tambang untuk menambatkan kapal; sebutan untuk kapal saat sedang ditambatkan.
Fast Ice = Lapisan es di atas laut yang melebar dari daratan.
Fathom = Depa; Ukuran 6
kaki (1,83 meter); panjang yang dapat dicapai oleh lengan laki-laki yang
diregangkan. Satu depa kayu artinya memiliki volume 6’x6’x6’=216 kaki
kubik.
Feather Spray = Air berbusa yang naik dengan cepat sebelum buritan kapal berjalan dan baling-baling berputar di air.
Feeder Vessel = Kapal laut jarak dekat untuk mengambil dan membawa barang dan kontainer dari atau menuju kapal laut besar.
Fiddles = Perekat untuk
bahan kayu yang digunakan pada meja makan kapal pada cuaca yang buruk.
Perekat ini akan membatasi gerakan piring, gelas, dan alat atau tempat
makanan lainnya.
Field Ice = Bongkahan es yang ujung-ujungnya tidak dapat dilihat dari kapal.
Flake = Menggulung tali
sehingga masing-masing dua ujung gulungan berjejer pada geladak
bersebelahan dengan gulungan tali yang lain, sehingga tali dapat lebih
mudah dilepaskan.
Fleeting = Memindahkan
moving block pada katrol dari satu tempat ke tempat lain; memindahkan
satu orang atau lebih dari satu area kerja ke area lain di dekatnya.
Flo-flo-ship = Kapal
khusus yang dapat menyelam sehingga kargo pada kapal dapat terapung atau
hanyut, misalnya pada pengangkutan alat dongkrak yang dapat dibawa
dengan cara “piggy back” dengan flo-flo-ship.
Flotsam, Flotson = Barang-barang dan perabot yang masih terapung-apung setelah terjadi kecelakaan kapal.
Fly Boat = Kapal boat cepat untuk perjalanan penumpang atau lalu lintas kargo pada perairan yang aman.
Fothering = Menutup
lubang kecil pada bagian bawah kapal yang berada dalam air dengan
menambalnya dengan layar yang diisi kayu berat.
Founder = Terisi dengan air dan tenggelam.
Frazil = Es terapung berukuran kecil pada air sungai. Sebutan ini juga digunakan untuk lapisan es yang baru terbentuk pada laut.
Freshen the Nip =
Menikung atau menarik sedikit bagian tali sehingga bagian tali yang
rusak atau terkoyak dapat terbuang atau digantikan dengan bagian yang
masih baru.
Full and By = Berlayar dengan semua layar terkembang.
Furniture = Perabot utama pada kapal, seperti tiang kapal, davit, alat derek, kerekan, dan lain-lain.
Gas tanker = Kapal
khusus untuk transportasi gas (cair) terkondensasi. Kargo yang paling
utama untuk kapal ini adalah LNG (Liquefied Natural Gas – gas alam cair)
yang biasanya berupa gas metana, LPG – Liquefied Petroleum Gas (gas
propana, butana), ammonia, dan etilen. Di atas kapal, gas dijaga agar
tetap cair dengan isolasi berefektifitas tinggi (dengan prinsip termos
air), dengan cara memberikan tekanan tinggi atau temperatur yang rendah
hingga -163oC.
Gilliwatte = Nama yang diberikan kepada seorang kapten kapal pada abad ke 17.
Glory Hole = Suatu
tempat tertutup yang tersembunyi untuk menaruh sampah atau barang yang
tidak diinginkan saat membersihkan geladak.
Gob Line = Tali belakang; seutas tali yang digunakan oleh kapal kecil untuk bertambat;
Growler = Gunung es kecil hasil pecahan gunung es besar.
Handymax = ukuran 30,001 dwt - 50,000 dwt
Handysize = ukuran 10,000 dwt - 30,000 dwt
Haul = Menarik, menghela
Hawser = Tali kabel baja
yang fleksibel atau tali serat yang diunakan untuk menarik atau
membelokkan sesuatu, dan untuk penambatan.
Hazing = Perlakuan sewenang-wenang dengan menyuruh orang bekerja terus-menerus, mengomel, dan berlaku kejam.
Head Fast = Tali penambat yang menjulur ke dapan dari ujung depan kapal.
Headway = Gerakan kapal ke depan di atas air.
Heave = Mengangkat.
Heavy Floe = Bongkahan es terapung dengan ketebalan lebih dari 3 kaki.
Hoist = Menaikkan
Horse Marine = Pelaut yang tidak cekatan.
Hove = Terangkat
Hove To = Kapal yang
berada hampir melewati angin, tetapi lalu berhenti, dan tetap pada
posisi ini dengan layar terkembang atau mesin yang tetap menyala.
Hoveller = Seseorang
yang membantu penyelamatan jiwa dan barang-barang dari kapal yang
mengalami kecelakaan di dekat pantai. Jika diperlukan, seringkali berada
di kapal kecil pada perairan dangkal untuk menunggu datangnya kapal.
HSS - Highspeed Sea
Service = Konsep kapal ferry cepat dengan lambung ganda atau
multilambung dengan kapasitas angkut hingga 1500 orang penumpang dan
sekitar 400 mobil.
Hull Down = Sebutan bagi
kapal yang berada pada jarak jauh saat lambung kapal berada di kaki
langit dan tiang serta bagian atasnya dapat terlihat.
Hulling = Floating
Mengapung pada kondisi angin dan laut yang tenang; berlayar pada kondisi
tenang; menembus kapal dengan proyektil.
Idle time = Periode waktu dari saat kapal mulai beroperasi tetapi belum menghasilkan keuntungan.
Idler = Anggota awak
kapal yang bekerja sepanjang hari tetapi tidak ikut berjaga di malam
hari, misalnya tukang kayu dan pembuat layar.
Indulgence Passenger = Seseorang yang diberi tiket kapal gratis, biasanya karena kasihan atau untuk menghibur.
Intermediate survey =
Inspeksi kapal oleh surveyor golongan klasifikasi kapal yang biasanya
diadakan sekitar dua setengah tahun sebelum dan sesudah inspeksi khusus.
Inspeksi ini biasanya lebih teliti daripada inspeksi tahunan dan
bertujuan untuk menjamin kelayakan standar kapal dalam golongan
klasifikasi tertentu.
Jack Nastyface = Nama
panggilan untuk pelaut yang tidak populer, berasal dari nama pelaut yang
pernah menulis pamflet mengenai kondisi Angkatan Laut Inggris pada awal
abad 19.
Jackup = Instalasi yang
dapat bergerak yang terdiri atas dek besar dengan kaki yang bias
didongkrak. Saat beroperasi, kaki dongkrak dipasang pada dasar laut lalu
kapal didongkrak. Saat operasi selesai, kaki dongkar ditarik kembali
dan alat ini akan mengapung. Biasanya alat ini tidak dilengkapi dengan
mesin penggerak tersendiri (kedalaman air maksimal 110-120meter).
Biasanya digunakan sebagai pengebor.
Jerque = Pencarian kapal oleh suatu badan tertentu karena bahan-bahan yang diangkut kapal tersebut yang ikut hilang.
Jetsam = Barang-barang yang telah keluar dari kapal dan tengelam.
Jimmy Bungs = Nama populer untuk rekanan kapal.
Jolly Boat = Kapal kecil yang merupakan bagian dari kapal besar untuk keprluan tertentu.
Keckling = Mengikatkan
tali kecil di sekeliling kabel atau tambang untuk mencegah kerusakan
terkikisnya kabel atau tambang tersebut.
Kedging = Menggerakkan kapal dengan melempar jangkar dan menarik kapal menuju jangkar tersebut.
Kelter = Perintah dan kesigapan yang baik.
Kenning = Istilah yang
digunakan pada abad ke 16 untuk jarak daratan yang dapat diamati dari
kapal di laut. jarak ini bervariasi dari 14 hingga 22 mil tergantung
kondisi atmosfer pada area tersebut.
Kentledge = Pemberat
kapal permanen yang terbuat dari bijih besi, yang secara khusus dibentuk
dan ditempatkan pada setiap sisi kapal. Nama ini kadang juga diberikan
untuk pemberat apa saja yang terbuat dari besi.
Key of Keelson = Barang palsu yang biasanya terkirim kepada pelaut yang belum berpengalaman.
Killick = Istilah kelautan untuk jangkar. Berasal dari nama batu yang digunakan sebagai jangkar.
Kippage = Nama yang pernah digunakan untuk menyebut perlengkapan kapal, termasuk personelnya.
Knots per Hour = Lambang satuan yang tidak pernah digunakan bagi pelaut yang hati-hati, karena tidak jelas dan tidak logis.
Kraken = Monster laut terkenal yang diperkirakan pernah terlihat di laut Amerika dan Norwegia.
Laden = Dimuat, bermuatan. Sebuah kapal disebut laden/bermuatan ketika sedang membawa kargo.
Lading = Barang yang dimuat ke dalam kapal. Kegiatan memasukkan muatan pada kapal.
Lagan = Barang-barang tenggelam yang telah diselamatkan untuk proses perbaikan selanjutnya.
Lanyard = Tali atau tambang yang digunakan untuk penyelamatan atau penambatan.
Large = Sebutan untuk kapal yang berlayar dengan angin yang bertiup pada belakang tiang kapal, tidak pada bagian kanan buritan.
Lascar = Suku asli India Timur yang dipekerjakan sebagai pelaut.
LASH - Lighter Aboard Ship = Kapal tongkang, yaitu kapal yang dapat membawa tongkang di atasnya.
Lask = Berlayar dengan layar lebar, dengan kekuatan angin yang menghadang tiang sekitar 4 poin.
Lay Aboard = Bergerak mendekati, menjejeri.
Lay Out = Perintah kepada para awak kapal untuk berbaris; menjaga kapal tetap pada posisi tertentu hingga beberapa waktu.
Lay the Land = Meninggalkan daratan dengan berlayar hingga daratan tampak tenggelam di bawah langit.
Laying on Oars =
Memegang dayung dengan sudut yang tepat terhadap garis depan dan
belakang kapal dengan posisi horizontal dan paralel terhadap permukaan
air. Digunakan juga sebagai istilah sindiran untuk pemalas atau yang
tidak dapat menggerakkan kapal dengan dayung.
Lay-up = Menambatkan
kapal untuk sementara dengan jangkar yang terlindungi, mematikan semua
sistem operasi yang penting dan memeriksa keadaan kapal. Biasanya kapal
mengalami lay-up selama beberapa waktu ketika pemiliknya beranggapan
bahwa perjalanan kapal pada waktu tersebut tidak menguntungkan.
Lazarette, Lazaretto = Tempat penyimpanan perbekalan kapal; kapal atau bangunan tempat seseorang dikarantina.
League = Ukuran jarak sepanjang tiga mil. Setara dengan 1/20 derajat garis lintang.
Lee Lurch = Gulungan berat untuk menghadapi angin yang menerpa tiang kapal.
Lie = Diam pada suatu tempat atau posisi.
Lie By = Diam di samping kapal lain.
Lie To = Membeli kapal dan mendiamkannya dengan terpaan angin.
Light Hand = Pelaut yang muda tetapi pintar.
Light Port = Bak atau tingkapan yang dilengkapi dengan kaca.
Limber Holes = Lubang pada lantai kayu atau pelindung samping tanki tempat masuknya air kotor pada lambung kapal.
Line = Tali atau tambang yang ringan; tali kecil untuk kegunaan tertentu.
Liner = Kapal yang
berlayar dengan rute dan waktu perjalanan yang telah ditentukan
sebelumnya, dengan jadwal pelayaran yang terpublikasi.
Lipper = Laut kecil yang airnya naik di atas haluan atau bibir kapal.
Lobscouse = Sup yang biasa untuk makanan di kapal terbuat dari daging dan sayuran siap saji.
Lo-lo-ship = Lift on-lift off-ship. Kontainer atau barang-barang lain yang dinaikkan ke atas kapal dengan alat derek.
Lop = Laut yang dangkal tetapi sangat bergelombang
Lubber = Seseorang yang kikuk atau tidak ahli.
Lumper = Seseorang yang
bekerja pada kapal yang tidak bermuatan di dermaga, atau yang membawa
kapal dari satu dermaga ke dermaga lainnya.
Lurch = Kapal lain yang muncul tiba-tiba di laut.
Lying to = Sebutan bagi kapal saat berhenti atau diam di dekat terpaan angin pada cuaca buruk.
M/T-Motor Tanker = Tanker yang digerakkan dengan mesin diesel.
Mariner = Secara umum
berarti seseorang yang bekerja pada kapal laut. Kadang juga diartikan
sebagai pelaut yang bekerja di geladak.
Marry the Gunner's
Daughter = Istilah populer yang digunakan oleh Angkatan Laut zaman dulu
untuk aksi mencambuk, biasanya saat berhadapan dengan senjata api.
Master = Petugas yang memberikan perintah pada kapal komersil. Biasanya untuk sebutan petugas navigasi pada kapal.
Mate = Petugas asisten
Master; pegawai kepala; orang yang telah lama bertanggungjawab pada
penyimpanan dan pemeliharaan kargo serta pengorganisasian kerja pelaut
dan navigasi.
Middle Ground = Area laut di antara dua terusan navigasi.
Modern Mariner Glossary
Moor = Menjaga kapal
pada posisi tertentu dengan dua atau lebih jangkar dan kabel; memasang
satu atau lebih pelampung pada kapal; mengamankan kapal dengan memasang
tali.
Narrow Channel Rule =
Peraturan tentang pengaturan terjadinya tabrakan yang mengharuskan kapal
untuk bernavigasi pada jalur yang sempit untuk menjaga agar bagian
kanan jalur yang dilalui kosong.
Newbuilding = Kapal yang baru sedang dibangun.
Nipped = Sebutan bagi kapal yang tertekan oleh balok es di kedua sisinya.
Nog = Paku kayu pada pantai untuk membantu kapal yang tergelincir.
Nunatak = Puncak berbatu yang berada pada daratan es.
OBO carrier = Kapal pengangkut; kapal yang dibangun untuk dapat membawa berbagai jenis kargo (minyak/kering/bijih-Oil/Bulk/Ore)
Off and Fair = Perintah
untuk membuang bagian kapal yang berbahaya, mengembalikannya ke kondisi
dan bentuk yang seharusnya, atau menggantinya.
Off-hire = Periode waktu
ketika kapal untuk sementara tidak dapat beroperasi karena keperluan
pemeliharaan, perbaikan, atau pembongkaran.
Offing = Area laut yang
berada di antara langit yang terlihat dan garis tengah antara langit dan
pengamat di pantai. Tetap dalam keadaan offing berarti menjaga jarak
dari laut.
Offshore service vessels
= Isitilah umum bagi kapal khusus yang digunakan untuk eksplorasi,
pengembangan, dan produksi minyak dan gas yang ditemukan di laut.
Oil tanker = Kapal yang
membawa minyak mentah atau hasil penyulingan. Jika kapal memiliki
peralatan untuk membawa beberapa jenis kargo secara bersamaan, kapal
jenis ini disebut Parcel Tanker. Shuttle tanker adalah tanker yang
membawa minyak dari tambang minyak lepasa pantai menuju terminal. Tanker
minyak yang dibuat khusus untuk transportasi hasil penyulingan, kadang
dilengkapi dengan tanki yang diberi cat atau lapisan khusus di bagian
dalamnya, disebut product carrier.
OSV = Offshore Support Vessel. Kapal penunjang lepas pantai.
Overhaul = Memeriksa
untuk keperluan perbaikan atau penyesuaian; menyusul; memperluas katrol
sehingga jarak antar geladak semakin besar.
Pack-Ice = Beberapa balok es besar terapung yang telah menjadi satu dan menjadi lebih sulit atau lebih mudah terjangkau.
Paddy's Purchase = Istilah pelaut untuk menyebut pemasangan tali yang sangat mudah tanpa kesulitan apapun.
Painter = Tali pada
badan kapal untuk menjaga posisinya saat proses pengeretan; rantai untuk
mengamankan jangkar pada tempat tertentu.
PANAMAX = Kapal yang
memiliki berat mati sekitar 50.000-75.000 dwt dengan lebar dan panjang
maksimum (lebar 32,2 m) dan dapat melewati terusan Panama.
Pancake Ice = Lempengan es kecil yang baru terbentuk berbentuk lingkaran yang tidak menghalangi jalannya kapal.
Parclose = Lubang lentur pada kapal.
Parting Strop = Kulit
yang dimasukkan diantara dua tambang dan lebih lemah daripada tambang
tersebut, sehingga akan melindungi tambang dari tekanan yang berlebih;
kulit khusus untuk memegang tambang.
Pay Off = Menurunkan
awak dan menutup perjanjian kapal komersil; pelepasan pangkat pada kapal
militer; sebutan bagi haluan kapal saat menghindari angin.
Peggy = Sebutan yang
populer di kapal militer/komersil bagi pelaut yang kewajiban lemburnya
adalah membersihkan/membereskan bagian kapal yang berantakan.
Petty Officer = Pangkat
diantara petugas dan kelasi, dan merupakan pimpinan kelasi. Biasanya
memiliki hak istimewa yang berhubungan dengan pangkatnya.
Piggin = Ember kayu yang sangat kecil satu pegangan. Digunakan sebagai gayung pada kapal kecil.
Pinnace = Sebelumnya
merupakan sebutan bagi kapal layar bertiang dua, kadang dilengkapi
dengan dayung. Istilah sekarang berarti kapal kecil dengan layar atau
mesin milik Angkatan Laut dengan panjang 36 kaki.
Pool = Kolam. Genangan
air yang tertutup atau hampir tertutup; perkumpulan yang fluktuatif
terdiri atas orang-orang yang dapat mengawaki kapal, dan dapat bertambah
anggota.
Pooping = Sebutan bagi kapal atau laut, saat ombak secara berturutan menyapu kapal dan masuk ke geladak melalui buritan.
Popple = Lautan yang pendek.
Port Hole = Celah kecil,
biasanya berbentuk lingkaran, yang ada di sisi kapal. Digunakan sebagai
penerangan, ventilasi, dan fungsi lainnya.
Primage = Uang yang
dibayar oleh pemilik kapal kepada master/pimpinan kapal karena
keuletannya dalam menangani kargo. Kadang tidak berupa uang, melainkan
tambahan muatan. Jumlahnya sekitar 1% dari total kargo.
Procuration = Aksi yang
dilakukan oleh seseorang atas nama orang lain; sebuah dokumen yang
mengizinkan seseorang untuk melakukan sesuatu atas nama orang lain.
Production Ship = Kapal khusus yang dapat memompa minyak melalui saluran pipa yang fleksibel dari dasar laut.
Production Unit = Bangunan yang diperlukan untuk produksi minyak dan gas.
Products Tanker = Kapal
yang didesain untuk membawa minyak hasil penyulingan dalam tanki.
Jenis-jenisnya antara lain: Coastal (sekitar 3,001 dwt - 10,000 dwt
approx), Small (sekitar 10,001 dwt - 19,000 dwt), Handy (sekitar 19,001
dwt - 25,000 dwt), Medium (sekitar 25,001 dwt - 45,000 dwt), LRI (Long
Range One) (sekitar 45,001 dwt - 70,000 dwt), LRII (Long Range Two)
(sekitar 70,001 dwt - 100,000+ dwt).
Propogation = Gerakan puncak ombak yang keras.
Protest = Pernyataan di
bawah sumpah yang dibuat sebelum ke notaris umum, yang menyangkut
kehilangan, kerusakan, atau gangguan yang terjadi pada saat pelayaran.
PSV = Platform Supply Vessel. Kapal Penyuplai Bangunan lepas pantai.
Punt = Kapal kecil yang
digerakkan dengan mendorong galah yang ujung bawahnya berada pada dasar
air; menggerakkan kapal dengan menancapkan galah pada dasar air; perahu
galah.
Puoy = Galah terpaku
yang digunakan sebagai penggerak rakit atau kapal dengan menyandarkan
bagian ujungnya pada obyek yang tidak bergerak.
Purser's Grin = Senyuman kritis, menyeringai.
Quarter = Bagian kapal di antara tiang dan buritan.
Quarter Boat = Kapal kecil yang diangkut pada bagian quarter kapal, dan diatur agar siap digunakan mendadak saat berada di laut.
Quarter Spring = Tali
yang direntangkan ke dapan dari bagian quarter kapal untuk mencegah
berubahnya buritan atau untuk menarik kapal ke depan.
Quay = Dermaga. Suatu
bangunan yang menjorok ke laut untuk fasilitas proses bongkar dan muat
barang, pendaratan dan keberangkatan penumpang, perbaikan atau pemulihan
kapal.
Radome = Pelindung
berbentuk bulat yang ditempatkan pada pemindai radar untuk mencegah
resiko goncangan dan untuk melindungi radar dari efek cuaca.
Rafting = Menumpuk pinggiran bongkahan es, sehingga sebagian dari satu bongkahan ada di atas bongkahan lain.
Reach = Aliran lurus air yang berada di antara dua tikungan sungai atau terusan.
Rector = Nama yang diberikan kepada Master kapal pada abad ke 11 dan 12.
Reefer Vessel = Kapal yang memiliki fasilitas pendingin untuk penyimpanan kargo.
Refit = Penggantian gigi mesin yang sudah terpakai atau rusak dengan gigi yang baru.
Return Port = Tempat untuk turun atau kembalinya pelaut yang dibebastugaskan.
Rooming = Kondisi perairan yang mendukung jalannya kapal.
Ro-ro-ship (Roll on -
Roll off) = Kapal kargo dimana bongkar muat kargo dilakukan dengan
kendaraan, baik dengan mobil/trailer atau truk khusus. Ada tiga jenis
ro-ro ship, yaitu: ro-ro ship yang beroperasi untuk membawa kontainer,
lempengan, atau kargo umum lainnya yang dapat diangkut dengan kendaraan,
ro-ro ship untuk transportasi mobil baru (jenis ini disebut PCC-Pure
Car Carrier) atau dapat juga mengangkut barang lain yang dapat bergerak,
dan ro-ro ferry yang dapat mengangkut kombinasi antara kargo bergerak
(mobil dan truk) dengan penumpang.
ROV = Remote Operated Vehicle – Mesin/Kendaraan berpengendali jarak jauh.
Rummage = Dulu diartikan
sebagai kegiatan membongkar kargo. Sekarang berarti kegiatan pencarian
kapal secara hati-hati dan teliti.
Run Out = Melempar jangkar atau tali tambang dari kapal ke suatu titik tertentu di luar kapal.
Sailing Ice = Massa es berukuran kecil pada jalur perairan yang masih dapat dilalui oleh kapal.
Sailor = Pelaut.
Seseorang yang bekerja pada kapal untuk perairan dalam. Kadang juga
diartikan sebagai seseorang yang pergi ke laut. Secara resmi diartikan
sebagai pelaut yang bekerja pada geladak. Dulu diartikan sebagai
seseorang yang memiliki pengalaman di laut.
Sallying = Memutar kapal
yang terjebak lapisan es untuk menghancurkan permukaan es yang
mengelilingi kapal. Kadang juga dilakukan saat kapal terjebak daratan.
Scrap = Kapal tua atau
kapal bekas yang tidak dapat beroperasi lagi yang dijual kepada penadah
untuk melucuti bagian kapal dan menjual kembali besi pembentuknya. Saat
harga sewa kapal turun, nilai penjualan sisa kapal ini akan lebih tinggi
dari nilai jual kapal itu sendiri, terutama jika kapal itu membutuhkan
biaya tinggi untuk proses survey khusus.
Scuttle Butt = Tong berpelindung yang bertutup pada bagian atasnya sebagai tempat membawa air bersih.
Sea Battery = Penyerangan terhadap pelaut oleh Master kapal saat berada di laut.
Sea Boat = Perahu pada
kapal yang dijaga agar siap diluncurkan sewaktu-waktu saat berada di
laut, kadang disebut juga kapal darurat/kecelakaan; kapal kecil yang
menyertai jalannya kapal besar untuk menilai performa kapal besar
tersebut di laut.
Sea Captain = Master kapal laut. Petugas bersetifikat yang kompeten dan berkualitas untuk menjadi master kapal laut.
Sea Dog = 1. Pelaut tua yang berpengalaman; 2. anjing laut; 3. prajurit Ratu Elizabeth.
Sea Lawyer = Istilah kelautan untuk orang yang suka berargumen.
Sea Smoke = Gas yang
naik seperti uap atau asap dari air laut yang disebabkan oleh udara
dingin yang berhembus di atas permukaan laut. dapat juga diartikan
sebagai asap beku, kabut uap, kabut air hangat, atau asap air.
Seafarer = Seseorang yang berpenghasilan dari bekerja di laut.
Seamanlike = Meniru sikap atau cara berpakaian seorang pelaut.
Second Greaser = Nama populer kuno untuk kelasi kelas dua.
Seiche = Osilasi
berperiode pendek pada perairan yang tertutup atau sebagian tertutup,
yang tidak disebabkan oleh gaya gerak kapal.
Seismic ship = Kapal
yang dapat melakukan pemetaan struktur geologi pada dasar laut dengan
menembakkan senapan udara yang akan mentransmisikan gelombang suara ke
dasar laut. Gaung dari tembakan tersebut ditangkap dengan alat
pendengar/hidrofon yang dipasang di bagian belakang kapal. Kapal seismic
dapat menghasilkan data yang merupakan faktor intrinsik dari suatu
material yang memerlukan pengujian pengeboran.
Semisubmersible =
Instalasi yang dapat bergerak yang terdiri dari sebuah geladak yang
berada pada beberapa tiang, yang terpasang pada dua atau lebih ponton.
Saat beroperasi, ponton akan diisi air dan tenggelam. Posisi instalasi
ini distabilkan dengan beberapa jangkar, tetapi dapat juga dengan
perangkat DPE-dynamic positioning equipment. Umumnya memiliki mesin
penggerak tersendiri, maksimal berada pada kedalaman air 600 – 800
meter.
Sewed = Sebutan bagi
kapal saat tingkat kedalaman air terlalu dangkal untuk pelayaran kapal.
Juga sebagai sebutan untuk air yang menyurut yang menyebabkan kapal
harus berlabuh.
Shallop = 1. perahu kecil dengan satu atau dua dayung. 2. kapal nelayan kecil yang memiliki layar. 3. sekoci.
Sheet = Tali yang digunakan untuk menyesuaikan atau mengendalikan layar pada kapal layar yang sedang beroperasi.
Shelf-Ice = Es daratan,
baik yang mengapung atau berada pada daratan, yang terbentuk dari
butiran salju yang telah membentuk lapisan tetapi tidak membentuk gunung
es.
Shellback = Pelaut kawakan dan berpengalaman.
Ship = 1. kapal laut; 2.
kapal yang memiliki sertifikat pendaftaran. Secara teknis berarti kapal
layar yang memiliki tiga atau lebih tiang layar. Pada zaman Victoria
berarti kapal yang memiliki paling tidak dua tiang layar pada bagian
depan dan belakangnya. Melaut/berlayar berarti menggunakan kapal.
Shipmaster = 1.
Seseorang yang memberi perintah dalam kapal. 2. Seseorang yang
bersertifikat kompeten untuk memimpin kapal. 3. Marinir ahli.
Shoot Ahead = Melaju dengan cepat. Mendahului kapal lain dengan cepat saat berlayar.
Short Stay = Sebutan
bagi jangkar atau tambang kapal, saat panjang tambang yang terjulur
tidak sampai setengah dari kedalaman air.
Sighting = Pengamatan dengan mata; memeriksa dan menandatangani dokumen sebagai bukti keasliannya.
Sighting the Bottom =
Mengangkat, membalik, atau memiringkan kapal dan memeriksa bagian
bawahnya dengan teliti untuk menetahui adanya kerusakan.
Signed Under Protest =
Menandatangani sesuatu atas paksaan dan sebenarnya tidak setuju dengan
dokumen yang ditandatanganinya, setelah menyatakan ketidaksetujuannya.
Singling Up = Menyimpan
tali tambang yang tidak diperlukan, sehingga hanya sejumlah kecil saja
tambang rusak yang harus dibuang saat kapal meninggalkan dermaga.
Sixteen Bells = Bunyi
lonceng kapal sebanyak 16 kali, yang biasanya dibunyikan pada tengah
malam tahun baru. Delapan kali dibunyikan untuk jam ke 24 akhir tahun,
dan delapan kali untuk jam ke 00 tahun baru.
Slob = Pecahan es di teluk, atau pada pinggiran gumpalan es yang besar.
Slop Chest = Kotak atau kompartemen untuk penyimpanan pakaian awak kapal.
Slop Room = Kompartemen untuk menyimpan pakaian untuk keperluan awak kapal.
Small Tanker = Tanker dengan berat mati lebih kecil dari 50.000 dwt.
Smelling the Ground = Sebutan bagi kapal yang bagian bawahnya sangat dekat dengan dasar laut dan hampir menyentuhnya.
Snorter = 1. dengusan, orang yang mendengus; 2. angin yang sangat keras.
Snub = Menghentikan tali atau kabel yang sedang diulurkan secara tiba-tiba.
Snubber Line = Tali yang digunakan untuk memeriksa jalannya kapal saat berbelok ke dermaga atau lembah.
Soft Tack = Roti segar.
Son of a Gun = Pelaut
yang terlahir di atas kapal perang, yang pernah dipercaya sebagai salah
satu faktor penting untuk menjadi pelaut yang baik. Merupakan istilah
pujian untuk pelaut yang bekerja dengan sempurna.
Soogee Moogee/Sujee-mujee = Serbuk pembersih untuk membersihkan kayu atau permukaan yang dicat.
Spanking = Gerakan cepat dan lincah yang dilakukan oleh kapal yang melaju atau hembusan angin.
Special survey =
Pemeriksaan kapal oleh surveyor klasifikasi kapal yang dilakukan setiap
empat atau lima tahun sekali. Pemilik kapal kadang harus mengeluarkan
biaya besar untuk perbaikan kapal agar lolos pada pemeriksaan yang
keempat atau kelima, atau pilihan lainnya adalah membongkar kapal
sebelum pemeriksaan.
Spile Hole = Lubang kecil pada tong untuk masuknya udara saat pengeluaran isi tong.
Spindrift = Sapuan air yang terpisah dari puncak ombak yang disebabkan oleh angin yang kuat.
Splice Main Brace =
Mengeluarkan rum ekstra pada pembagian makanan. Suatu penahan, kadang
berupa tali meruncing yang disambungkan pada keadaan tertentu.
Spooning = Melaju lurus menghadapi angin dan laut.
Spot market = Pasar penyewaan kapal untuk perjalanan tunggal.
Spray = Air yang memercik di udara sebagai partikel.
Spring = 1. Tali yang
terjulur dari bagian belakang kapal ke satu titik di luar kapal. Dengan
menarik tali ini kapal dapat bergerak maju. Kadang digunakan kabel
jangkar untuk menggerakkan kapal ke depan; 2. kecenderungan bagian depan
kapal mendekati angin; 3. pembukaan pelapis; 4. tiang kapal yang patah
sebagian.
Spume = Buih laut.
Staith = Alat untuk menaikkan kargo ke atas kapal. Juga merupakan sebutan untuk tempat pendaratan atau tempat pemuatan.
Stanch = Sebutan bagi kapal yang kokoh, kuat, dan tampak tidak mungkin bocor.
Stand-by Vessel = Kapal
yang berpusat di sekitar suatu instalasi lepas pantai dengan tugas untuk
mengevakuasi kru instalasi tersebut pada keadaan darurat, dan menjaga
agar kapal lain tidak mendekati instalasi.
Stave off = Melepaskan sesuatu dengan tongkat, kait kapal, tiang panjang, dan lain-lain.
Stemming = 1.
menstabilkan posisi saat melalui sungai atau aliran ari pasang; 2.
melaporkan kedatangan kapal di dermaga kepada pengawas dermaga.
Stern Sheets = Bagian kapal pada halangan belakang buritan, atau diantara halangan belakang dan geladak belakang.
Storage =
Penyimpanan/pergudangan. Fungsi kapal yang kadang lebih cenderung untuk
peyimpanan daripada untuk transportasi kargo. Saat permintaan pasar
menurun, kapal dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dari
fungsi penyimpanan.
Storis = Bongkahan es besar bergerak, yang berumur lebih dari dua tahun, yang meluncur di pantai tenggara Greenland.
Storm Bound = Melempar jangkar atau tidak dapat melanjutkan perjalanan karena cuaca badai.
Stow = Mengemas secara kompak dan aman.
Stretch Off the Land = Istilah lama pada kapal layar untuk berlabuh sejenak.
Submersible = Instalasi
bergerak yang dibangun untuk operasi pengeboran di perairan dangkal,
yang diturunkan hingga dasar laut dengan kedalaman air maksimal 30 - 40
meter.
Suck the Monkey = 1.
menghisap rum dari buah kelapa, dimana rum tersebut dimasukkan ke dalam
kelapa dari lubang kecil; 2. menghisap isi tong kecil dari lubang kecil,
biasanya dengan menggunakan sedotan.
Suezmax = Kapal dengan
berat mati sekitar 115.000 – 200.000 dwt dengan panjang dan lebar
maksimal dan didesain untuk dapat melewati Terusan Suez.
Sujee;Suji-muji = Sabun atau serbuk pembersih yang dicampur dengan air bersih; membersihkan cat dengan sujee.
Sun over Foreyard = Istilah kelautan yang berarti “waktunya untuk minum”.
Supply ship = Kapal
untuk transportasi peralatan dan perbekalan tambang minyak lepas pantai
atau instalasi yang sedang dibangun atau dalam proses produksi. Kadang
juga disebut Straight Supply atau Platform Supply Vessel (PSV).
Swab = Alat pel pelaut
untuk mengeringkan geladak. Terbuat dari tali usang yang dijerat dengan
panjang sekitar 4 kaki. kadang dibuat lebih kecil dan diikatkan pada
pegangan kayu untuk digunakan dengan cairan basa untuk membersihkan
kapal.
Swallow the Anchor = Meninggalkan laut dan bersiap untuk berlabuh.
SWATH = Small Waterplane
Area Twin Hull. Desain lambung kapal yang ekonomis dan dapat melaju
cepat, biasanya digunakan untuk kapal ferry cepat atau kapal cepat
lainnya.
Sweat Up = Menarik tali untuk menggulungnya hingga ujung.
Swell = Serangkaian
ombak yang besar dan kuat yang tidak disebabkan oleh kondisi meteorology
di sekitarnya. Biasanya disebabkan oleh angin yang bertiup jauh dari
posisi ombak.
Tally Board = Instruksi di atas kapal untuk mendekati kapal yang kecelakaan dengan meluncurkan roket penyelamat.
Tally Book = Buku untuk mencamtumkan daftar kargo yang diterima oleh atau dikeluarkan dari kapal.
Tanker = Kapal yang
didesain untuk membawa kargo cair dalam beberapa tanki. Kapal tanker
dapat membawa berbagai macam produk diantaranya minyak mentah, minyak
hail penyulingan, bahan kimia cair, gas cair, dan anggur. Kapal tanker
memuat kargonya dengan mengalirkannya dengan pompa.
Tanky = Bintara laut di
Angkatan Laut yang tugasnya mengurusi tanki air bersih. Sewaktu-waktu
tugas ini dilakukan oleh petugas navigasi, yang dapat juga disebut
‘tanky’ saat melakukan tugas ini.
TCE = time charter
equivalent = ekivalen sewa berdasarkan waktu. Suatu ukuran harga sewa
kapal berdasarkan tingkat harga pasar yang dihitung dalam satuan $/ton,
disesuaikan dengan waktu penyewaan yang dihitung dalam satuan
$/kapal/hari. TCE dihitung sebagai harga sewa dikurangi pengeluaran
tertentu yang tidak dikeluarkan oleh pemilik kapal saat kapal disewa,
dibagi dengan jumlah hari sewa.
Teem = Menuangkan. Mengosongkan.
Tension Leg Platform =
Bangunan terapung atau pelampung yang bermuatan yang terpasang pada
dasar laut dengan rantai vertikal, penopang, dan lain-lain. Bangunan ini
terjaga kestabilan posisinya dengan daya apungnya sendiri.
Tenth Wave = Ombak ke
sepuluh, yang dipercayai akan lebih tinggi dari sembilan ombak
sebelumnya. Meskipun benar bahwa efek angin akan membuat ombak saling
bertumpuk satu-sama lain sehingga dapat membentuk ombak yang lebih
besar, tetapi tidak pernah dikatakan adanya ombak ke sebelas yang lebih
besar, melainkan ombak yang ke sepuluh. Di beberapa tempat, ombak kelima
lebih besar dari ombak lain secara konsisten.
Thole, Thole Pin = Pasak
dari kayu atau besi yang disisipkan pada bibir perahu dayung yang tidak
memiliki penopang atau pengunci dayung.
Three Sheets in the Wind
= Sebutan bagi seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras.
Atau untuk kapal yang melaju sempoyongan seperti orang mabuk.
Ticket = Bahasa
percakapan sehari-hari untuk menyebut sertifikat kompetensi. Umumnya
dianggap sebagai nama yang meremehkan, tetapi dengan pengucapan yang
tepat akan menunjukkan istilah ini dengan baik.
Time charter = Penyewaan
kapal untuk periode waktu tertentu. Pemilik kapal menyediakan awak
kapal, perlengkapan, dan persediaan yang diperlukan untuk proses
pengangkutan kargo selama kapal dalam perjalanan. Pihak penyewa wajib
membayar biaya pergudangan dan biaya perjalanan termasuk biaya tol kanal
dan bea pelabuhan.
Tom Cox's Traverse = Pekerjaan yang diselesaikan oleh seseorang yang biasanya tidak melakukan apapun.
Ton-miles = Ukuran untuk berat kapal tanker. Merupakan berat ton suatu kapal yang dikalikan dengan jarak tempuh.
Touch and Go = Menyentuh daratan dengan keadaan seimbang selama beberapa saat kemudian kembali melanjutkan perjalanan.
Trice = Mengangkat dengan menurunkan tali yang terpusat pada suatu tiang atau berkas ikatan.
Trick = Sebutan bagi tugas yang berhubungan dengan navigasi kapal, khususnya pada kemudi.
Turn = Mengikatkan/memutarkan tali pada paku atau pin.
Turn up = Menguatkan ikatan tali dengan memutarkannya pada sekeliling paku.
ULCC = Ultra Large Crude
Carrier (pembawa minyak mentah ekstra besar). Kapal tanker laut dengan
berat mati lebih dari 320.000dwt, dan didesain untuk dapat membawa kargo
berupa minyak mentah.
Under Foot = Sebutan bagi jangkar yang sedang berada di bawah kapal, dan kabelnya kadang naik turun.
Under Way = Tidak
tertambat pada dermaga atau daratan dengan cara apapun. Biasa diartikan
sebagai bergerak melaju pada perairan/laut.
Unmoor = Melepas ikatan
tambatan kapal pada suatu pelampung atau dermaga. Membongkar satu
jangkar saat sedang bersauh dengan dua jangkar. Melepas satu ikatan
tambatan saat sedang bertambat dengan dua kabel.
Unship = Menurunkan sesuatu dari kapal. Memindahkan sesuatu dari tempatnya.
Up and Down = Sebutan bagi kabel yang terjulur tegang secara vertikal dari jangkar ke lubang rantai jangkar.
Van = Kapal utama yang memimpin beberapa rombongan kapal lainnya.
Venture = Sebuah perusahaan yang menanggung resiko kerugian atas kehilangan sesuatu.
Vessel = Istilah lain untuk kapal yang sering digunakan dalam navigasi.
Vigia = Laporan akan adanya bahaya terhadap navigasi kapal namun belum diteliti kebenarannya.
Vise = Pengesahan atas sebuah dokumen yang telah diperiksa keabsahannya oleh pihak yang berwenang.
VLCC = Very Large Crude
Carrier. Istilah untuk kapal pengangkut minyak mentah yang berukuran
sangat besar, biasanya memiliki bobot mati antara 200.000 sampai 320.000
ton.
Voyage charter = Kontrak
mengenai biaya sewa kapal berdasarkan kapasitas kapal untuk membawa
kargo pada satu kali atau lebih perjalanan. Dalam kontrak sewa seperti
ini, pemilik kapal membayar semua biaya operasi kapal, termasuk bea
pergudangan, kanal, dan pelabuhan, biaya pengemudi, bongkar-muat, dan
agensi kapal. Sedangkan biaya pemeliharaan kargo dibayar oleh pihak yang
ditetapkan pada saat perjanjian. Muatan kapal dibayar per unit kargo,
misalnya ton, atau tergantung satuan yang telah disetujui.
Wake = Aliran air yang
tiba-tiba mundur dari kapal yang bergerak. Aliran mundur ini disebabkan
oleh gerakan kapal membelah air sehingga air akan bergerak mengisi
kekosongan yang diakibatkannya.
Warming the Bell = Membunyikan lonceng delapan kali sebelum dan sesudah waktu tertentu.
Warp = 1. benang
melintang pada kanvas atau kain; 2. tambang kapal yang digunakan saat
berbelok, biasanya berupa tali yang lebih kecil dari kabel; 3. tali
jangkar; 4. tali penambat
Wash = 1. aliran air
yang memecah saat dilewati lambung kapal; 2. aliran air yang terganggu
oleh baling-baling kapal; 3. belati pada dayung.
Washing Down = Sebutan bagi kapal yang mendekati dan membasahi dermaga dan langsung menjauh melalui jalan keluar pelabuhan.
Watch Bell = Lonceng yang dibunyikan setiap setengah jam untuk penanda waktu.
Water Breaker = Tong kecil untuk membawa air minum ke atas kapal.
Waveson = Barang-barang yang mengapung di permukaan laut setelah terjadi kecelakan kapal.
Way = Kelembaman kapal saat bergerak di air.
Way Enough = Perintah
yang diberikan kepada awak kapal saat berada pada perahu dayung, yang
menyatakan bahwa perahu tersebut dapat berjalan mulus, dan agar dayung
diletakkan di dalam perahu.
Weather Board = Bagian kapal yang menghadapi arah angin.
Well Found = Kondisi kapal saat diperbaiki, disimpan atau saat dicat.
Wetted Surface = Lubang pada permukaan luar kapal yang berhubungan langsung dengan air saat di laut.
Wharfinger = Seseorang yang memiliki atau mengatur dermaga.
Where Away? = Laporan
yang diberikan kepada seseorang perihal arah terhadap suatu obyek secara
tepat yang telah diteliti sebelumnya.
Whistling for Wind = Anekdot dari tradisi lama bahwa meniup peluit akan menyebabkan angin berhembus lebih kencang.
Whistling Psalms to the Taffrail = Istilah pelayaran yang berarti saran yang baik namun tidak dilaksanakan.
White Horses = Gelombang yang bergerak sangat cepat dengan buih-buih udara yang berwarna putih.
Wholesome = Biasa dikatakan bila kondisi kapal sangat baik meskipun berada dalam cuaca yang buruk.
Wind Dog = Pelangi yang tidak sempurna, atau bagian dari pelangi yang mengindikasikan akan adanya badai.
Winding = Memutar kapal dari ujung ke ujung diantara pelampung atau sepanjang dermaga.
Without Prejudice = Kata
yang biasa digunakan saat sebuah pernyataan, komentar atau aksi tidak
dilakukan sebagai perwujudan sebuah persetujuan atau ketidaksetujuan,
atau mengakibatkan suatu hal dalam sebuah perselisihan, atau di bawah
pertimbangan.
Wrack = Hantaman gelombang yang menghancurkan. 2. Rumput laut yang terdampar di pantai.
Yard Arm = Bagian dari pengangkut yang berada diantara bagian pengangkat dan bagian l
uar dari pengangkut.
Yaw = Penyimpangan dari jurusan lurus.
http://www.indonesiaassociate.com/2009/10/kamus-shiping-pelayaran-indonesia.html
0 Comments