Alat Navigasi kapal merupakan
suatu yang sangat penting dalam menentukan arah kapal, Pada zaman dahulu kala
Untuk menentukan arah kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan. alat komunikasi kapal digunakan untuk
berhubungan antara awak kapal yang beada pada satu kapal, atau dapat di gunakan
untuk komunikasi dengan kapal lain, dan atau berkomunikasi dengan darat.
zaman dulu navigasi
kapal atau arah tujuan kapal dilakukan dengan melihat posisi benda-benda langit
seperti matahari dan bintang-bintang dilangit, nah lho kira-kira gimana ya klo
langit langit mendung. pasti jadi susah menentukan arah tujuan kapal untuk
zaman sekarang lebih mudah dengan alat-alat navigasi kapal modern.
nah sekarang kapal cargo mau membahas tentang
alat navigasi kapal, ini dia alat-alat navigasi kapal :
1. MARINE RADAR Navigasi kapal
alat navigai Kapal laut modern
sekarang dilengkapi dengan alat navigasi kapal berupa marine radar untuk
mendeteksi kapal lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa
menghindar dari bahaya yang ada di depan kapal.
nah ini dia gambar marine radar kapal
..
ini lagi dia gambar marine radar alat navigasi kapal
RADAR merupakan singkatan dari
radio detection and ranging (ini bahasa menurut bahasa daerah saya).radar
merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan
membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan. Istilah radar pertama kali
digunakan
pada tahun 1941,
menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio Directon Finding).
Gelombang radio kuat dikirim dan sebuah penerima mendengar gema yang kembali.
Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan, pemantul gema dapat ditentukan
lokasinya dan kadang- kadang ditentukan jenisnya. Walaupun sinyal yang diterima
kecil, tapi radio sinyal dapat dengan mudah dideteksi dan diperkuat.(alat navigasi kapal)
sebagai pelaut
kita dapat mengubah kekuatan Gelombang radio radar yang diproduksi dan
mendeteksi gelombang yang lemah, dan kemudian diamplifikasi( diperkuat )
beberapa kali. Oleh karena itu radar digunakan untuk mendeteksi objek jarak
jauh yang tidak dapat dideteksi oleh suara atau cahaya. Penggunaan radar sangat
luas, alat ini bisa digunakan di bidang meteorologi, pengaturan lalu lintas
udara, deteksi kecepatan oleh polisi, dan terutama oleh militer.
Marine radar
dengan Automatic Radar Plotting Aid (ARPA) kemampuan dapat membuat trek
menggunakan kontak radar. Sistem ini dapat menghitung saja tracking, kecepatan
dan titik terdekat pendekatan (CPA), sehingga tahu jika ada bahaya tabrakan
dengan kapal lain atau daratan.
alat navigasi
kapal ARPA khusus memberikan presentasi dari situasi navigasi kapal pada saat iitu dan dapat memprediksi navigasi atu
ararah kapal beberapa saat kemudian dengan menggunakan teknologi komputer. alat
navigasi kapal ARPA dapat memperhitungkan risiko tabrakan kapal, dan
memungkinkan operator untuk melihat manuver kapal.berikut ini adalah fungsi
alat navigasi ARPA :
a. dapat menuntukan
arah navigasi kapal dengan persentasi RADAR
KAPAL
b. Otomatis akuisisi
target akuisisi ditambah manual. Digital membaca target diakuisisi yang
menyediakan course kapal speed atau kecepatan kapal, range, bearing, closest
point of approach (CPA, and time to CPA (TCPA).
c.
Kemampuan untuk menampilkan informasi tabrakan
penilaian langsung pada PPI, dengan menggunakan vektor (benar atau relatif)
atau Prediksi grafis Luas Bahaya (PAD) layar.
d.
Kemampuan untuk melakukan manuver kapal, termasuk
perubahan. Tentu saja, perubahan kecepatan, dan tentu saja gabungan / perubahan
kecepatan. Otomatis stabilisasi tanah untuk keperluan navigasi.
e.
ARPA proses informasi radar jauh lebih cepat dari
radar konvensional namun masih tunduk
pada keterbatasan yang sama.
f. data ARPA seakurat
data yang berasal dari input seperti giro dan log kecepatan kapal
.
2. NAVIGASI SATELIT KAPAL
Satelit alat navigasi kapal adalah satelit yang
menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk
menentukan lokasi sebuah titik kapal dipermukaan bumi
atau di lautan.
Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat
selain itu ada juga Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara satelit navigasi
kapal dan penerima di tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat
penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi kapal di
suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. Satelit
mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang digunakan
untuk tujuan militer atau mata-mata.
Salah satu
perlengkapan modern untuk navigasi kapal adalah
Global Positioning Satelite/GPS kapal adalah perangkat yang dapat mengetahui
posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal
dari satelit. Perangkat GPS kapal modern menggunakan peta sehingga merupakan
perangkat modern dalam navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta
pesawat udara. kapal tanpa alat navigasi gps bagaikan sayur tanpa garam..
ini dia gampar gps untuk alat navigasi kapal
maaf gambar diatas agak buram
3. PETA alat navigasi
kapal
alat navigasi kapal yang ketiga
adalah peta, peta merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran kapal bentuk dua
dimensi (pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang
diproyeksikan dengan perbandingan/skala tertentu. atau dengan kata lain
representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari
pembuatan peta disebut kartografi.
a.Proyeksi peta
menurut jenis bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi bidang datar / Azimuthal /
Zenithal
-Proyeksi
Kerucut
-Proyeksi
Silinder
b. Proyeksi peta menurut kedudukan bidang
proyeksi dibedakan :
-Proyeksi normal
-Proyeksi miring
-Proyeksi transversal
c. Proyeksi peta menurut jenis unsur yang
bebas distorsi dibedakan:
-Proyeksi conform, merupakan jenis proyeksi
yang mempertahankan besarnya sudut
-Proyeksi equidistant, merupakan jenis
proyeksi yang mempertahankan besarnya panjang jarak
-Proyeksi
equivalent, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya luas suatu
daerah pada bidang -lengkung
4. KOMPAS NAVIGASI KAPAL
alat navigasi kapal yang ke-4
adalah kompas, Kompas adalah alat navigasi
kapal untuk menentukan arah kapal berupa sebuah panah penunjuk magnetis
yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas
memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang
navigasi. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan
barat. Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan
lebih akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan
maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat
manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah navigasi kapal.
keren ya gambar
kompas diatas,hehehe...
Penemuan bahwa
jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan
diuraikan dalam buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah
mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang
berputar.Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan kemudian
memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William Thomson,
1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh semua
negara. Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi
magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam arsitektur kapal.
Berikut ini adalah arah mata angin yang
dapat ditentukan kompas.
• Utara (disingkat U
atau N)
• Barat (disingkat B
atau W)
• Timur (disingkat T
atau E)
• Selatan (disingkat S)
• Barat laut (antara
barat dan utara, disingkat NW)
• Timur laut (antara
timur dan utara, disingkat NE)
• Barat daya (antara
barat dan selatan, disingkat SW)
• Tenggara (antara
timur dan selatan, disingkat SE)
Alat apa pun yang
memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara
magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa dianggap sebagai kompas.
Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas variasi
adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati
variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.
Lokasi magnet di
Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian terakhir yang
dilakukan oleh The Geological Survey of Canada melaporkan bahwa posisi magnet
ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah barat laut.menurut jenisnya
kompal sebagai alat navigasi kapal di bagi menjadi 2 yaitu, kompas analog dan
digital (silahkan langsung aja deh tanya mbah google).
nah ini di gambar kompas kapal
5. IRS alat navigasi kapal
alat navigasi kapal modern yang
kelima adala IRS(Inertial Reference Sytem). IRS kapal adalah perangkat yang
dapat mengetahui posisi koordinat kapal berdasarkan efek inertial. Tidak
seperti GPS kapal perangkat IRS kapal tidak memerlukan stasiun sehingga sangat
cocok untuk digunakan di bumi maupun di ruang angkasa. Perangkat IRS modern
kapal menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern sebagai alat navigasi kapal di laut, selain itu
IRS juga bisa di gunakan sebagai alat navigasi di darat , navigasi pesawat
udara serta di ruang angkasa. gambar perangkat IRS(Inertial Reference Sytem).
lihat gambar diatas membingungkan ya,gimana
cara pasangx ya???
dari penjelasan
diatas kapal cargo telah membahas tentang alat navigasi kapal, giliran
selanjutnya alat komunikasi kapal.
6. TELEGRAF alat komunikasi kapal
alat komunikasi kapal telegraf merupakan
sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh kapal
.mengunahkan Kode Morse dengan frekwensi gelobang radio, kode morse adalah
metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman
nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan
kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui
peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.
eh ternyata gambar
telegraf kaya' itu ya bentuknya, jujur saya juga baru tau.
Pesan pada
telegraf dikirimkan oleh operator telegraf (telegrapher) menggunakan kode morse
yang dikenal dengan nama “telegram” atau “kabelgram”, dan sering disingkat
dengan pesan kabel atau kawat. Sebelum telepon jarak jauh (interlokal)
diperkenalkan dan digunakan, telegram ini sangat terkenal pemakaiannya.
Kata telegraf
yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik.
Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse
bersama dengan asistennya Alexander Bain.
7. Marine VHF radio (alat komunikasi kapal)
Marine VHF radio
merupakan alat komunikasi kapal yang dipasang untuk memenuhi tujuan komunikasi
kapal yaitu memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi dengan pelabuhan, kunci,
bridges and marines, dan marine vhf radio beroperasi di rentang frekuensi VHF,
antara 156-174 MHz. Walaupun secara luas alat komunikasi kapal marine vhf radio
digunakan untuk menghindari tabrakan, satu set marine vhf radio adalah gabungan
pemancar dan penerima dan hanya beroperasi pada standar, frekuensi
internasional dikenal sebagai salurannya.
Channel 16 (156.8
MHz) adalah panggilan internasional. Marine VHF radio kebanyakan menggunakan
"simplex" transmisi, dimana komunikasi hanya dapat terjadi dalam satu
arah pada satu waktu. Sebuah tombol transmisi pada set atau mikrofon menentukan
apakah itu beroperasi
sebagai pemancar
atau penerima. Mayoritas saluran, bagaimanapun, adalah sisihkan untuk transmisi
"duplex" saluran di mana komunikasi dapat berlangsung dalam dua arah
secara bersamaan [3]. Setiap saluran dupleks memiliki dua penetapan frekuensi.
Hal ini terutama karena, pada hari-hari sebelum ponsel dan satcomms menjadi
luas, saluran dupleks dapat digunakan untuk menempatkan panggilan pada sistem
telepon umum untuk biaya melalui operator laut. Fasilitas ini masih tersedia di
beberapa daerah, meskipun penggunaannya sebagian besar telah mati. Di perairan
AS, Marine VHF radio juga dapat menerima siaran radio cuaca, di mana mereka
yang tersedia, pada saluran, menerima hanya WX1 wx2, dll.
oke sekian dulu
tulisan dari kapal cargo tentang alat navigasi kapal dan Alat komunikasi
kapal Diposkan oleh mohamad wahyuddin
sumber: Pengantar teknologie kapal dan
embel-embelnya
0 Comments