ABK KAPAL IKAN TERSIKSA! SALAH SIAPA?


First of all, kayaknya ini bukan pertama kali deh kasus ABK kapal ikan asal indonesia tersiksa a.k.a tidak dimanusiakan di beberapa kapal ikan dari negara lain.

Well, Markihas! mari kita bahas.

sekali lagi ditegasin ya , ini adalah pendapat pribadi saya pribadi sebagai warga negara indonesia yang sangat peduli dengan dunia pelayaran di indonesia terlebih dalam masalah perawakan kapal. karena menurut saya laut adalah salah satu hal sektor yang harus diperhatikan pemerintah indonesia demi kesejahteraan rakyat. karena apa? karena laut memberikan segalanya. kalo saya bahas begini gakelar nih 3 hari hehe. mari kita kembali ke topik pembahasan. ( btw kalo ada yang mau collab mengenai masalah kelautan indonesia bisa dm aja ig @bapakear dengan senang hati akan mau sekaliiii)

okay let's back to the topic.

Siapa yang harus dipersalahkan :
1. Crew-nya sendiri
 maaf sebelumnya, tapi pengetahuan dari si pekerja adalah hal yang penting untuk bekerja dilaut. seperti berapa lama kontraknya, berapa gajinya, dan hal hal yg terkait dengan kewajiban dan hak si pelaut diatas kapal. jadi bisa dibilang salah pelaut juga jika "asal asalan" dalam menerima pekerjaan tersebut.

2. Manning Agency-nya (Crewing)
ya, si pelaut tentu tidak akan serta merta langsung terbang ke negara tertentu dan join di kapal tertentu. pasti ada jasa penyalurnya yang berperan dalam keberangkatan si awak kapal. di indonesia sudah banyak sekali manning agency abal abal yang masih berkeliaran dengan memeras sipelaut dan menjanjikan pelaut tersebut pekerjaan. jadi menurut saya manning agency-nya juga harus kita salahkan dan telusuri apakah masih ada hal hal yang bertentangan dengan hukum hukum yang berlaku.

3. Kementrian Terkait
dalam hal ini kementrian yang terkait adalah kementrian yang mengatur tentang transportasi ( saya gamau nyebut merk hehe ) . kenapa demikian? karena darimana Manning agency bisa dapat SIUPPAK (Surat Izin Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal) . Jika sebuah crewing abal abal bisa mendapatkan izin tersebut dari kementrian terkait. patut dicurigai kenapa itu bisa terjadi.


well, itulah pendapat saya tentang hal yang sedang viral baru baru ini. sebenarnya ini luka lama dan masih akan terus ada jika 3 faktor diatas tidak diperbaiki.

semoga terdengar oleh yang bertanggung jawab!
jaya terus laut indonesia!!


keep in touch with me :
ig : @bapakear

e-mail : rizkyapriansyaaah@gmail.com

Post a Comment

0 Comments