DAMPAK COVID-19 DALAM DUNIA PELAYARAN

Hi sobat bapakear. Kali ini saya pribadi akan membahas tentang Dampak Covid-19 dalam industri pelayaran niaga dan non niaga ( intinya dunia maritim lah ya ) .
Karna banyak email masuk ke akun pribadi saya dan minta untuk membahas ini. Jadi setelah saya melakukan pencermatan baik secara online maupun dari media media di indonesia khususnya saya menyimpulkan beberapa dampak covid-19 di Indonesia.

Dampak covid-19 dalam industri pelayaran :

1. KURANG LELUASANYA KAPAL UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN BONGKAR MUAT
dalam beberapa kasus, saya temui bahwa banyak kapal yang merasa sulit atau terhambat kegiatan bongkar muatnya dikarenakan suatu negara menjalani sistem "Lockdown" jadi kegiatan bongkat muat yang direncanakan akan mundur dari jadwal yang sudah dibuat jauh jauh hari.

2. TIDAK BISA CREW CHANGE DI BANYAK NEGARA
Banyak sekali pelaut yang mengeluh karena harus lebih lama diatas kapal padahal kontrak awal seharusnya mereka sudah ada di daratan. Ditambah "susah pesiar" yang dialami, makin membuat para pelaut "bosen" diatas kapal. Pusing juga bagi Crewing agency untuk melakukan perubahan crew karena lockdown diberbagai negara dan tidak bisanya menggunakan transportasi udara menuju Indonesia atau kampung halaman masing masing pelaut.

3. TIDAK ADANYA TAMU BAGI KAPAL PESIAR
Karena lockdown dan peraturan untuk Berjaga jarak di hampir seluruh negara di dunia. Perusahaan kapal pesiar harus rela tidak ada tamu yang menggunakan jasanya. Bahkan perusahaan pelayaran harus rela fasilitas yang harusnya digunakan para tamu dan membayar kepada perusahaan tersebut kini harus digunakan oleh awak kapalnya. Dan juga harus menanggung seluruh biaya hidupnya diatas kapal ( seperti makan, minum, laundy, dll) jadi disini perusahaan kapal pesiar sedikit nombok karena covid-19 ini.


Sebenernya banyak dampak dari covid-19 ke seluruh aspek pelayaran. Tapi menurut saya 3 diatas adalah aspek yang benar benar mempusingkan perusahaan terkait. Jadi segitu dulu ya!!!

Terima kasih telah membaca!
Jaya terus laut indonesia!!!

Keep in touch with me :
Ig : @bapakear
E-mail : rizkyapriansyaaah@gmail.com

Jika ada yang ingin melakukan Diskusi silahkan hubungi akun saya diatas ya!

Post a Comment

0 Comments