Hal yang harus Dilakukan pemerintah untuk kesejahteraan Nelayan!


Hi sobat bapakear marine! Sekut abis sekarang. Kali ini saya akan bahas mengenai industri perikanan di Indonesia yang tidak bisa dipisahkan dengan Laut. Yap! Yaitu adalah Nelayan a.k.a penangkap ikan dilaut.

Sudah banyak janji janji dan agenda yang dilontarkan para gubernur kah bahkan presiden kah pada saat kampanye demi mensejahterahkan nelayan. Nyatanya? Eksekusinya 0!

Saya hanya senang ketika bu susi menjabat sebagai Menteri pada saat itu. Tapi kini?semua sirnah.

Sekali lagi, ini adalah pendapat pribadi saya sebagai Orang yang latar belakang pendidikannya adalah industri pelayaran.

Hal yang harus dilakukan pemerintah untuk mensejahterakan nelayan nusantara :

1. Membuat "Pengepul Ikan" Negara

Di tiap daerah yang memang masyarakatnya ada yang bekerja sebagai nelayan. Pemerintah harus mendirikan semacam pusat penjualan ikan dari nelayan ke pengepul. Agar apa? Agar harga selalu terjaga dan stabil. Serta nelayan tidak sulit untuk mencari pasar. Hal ini saya ambil pada saat saya nonton tv champion jepang tentang nelayan. Wah! Begitu mudahnya nelayan sana menjual hasil tangkapannya. Kenapa indonesia tidak bisa seperti itu?

2. Memberikan Pinjaman Modal khusus bagi Nelayan

Apa problema nelayan saat sudah ketemu pasarnya. Yaps. Barang barangnya kadang ada yang rusak. Kapalnya bocor dan masih banyak lagi. Untuk itu pemerintah saya rasa harus memberikan modal atau bantuan seperti membantu membetulkan kapal nelayan yang sudah tidak layak pakai. Dan masih banyak lainnya. Menurut saya, nelayan butuh dana fresh dalam pengembangan usahanya agar tangkapannya juga bertambah volumenya.

3. Membantu menjaga ekosistem Laut

Well, ambil contoh dijakarta. Lihat! Berapa banyak nelayan pendapatannya berkurang karena ada reklamasi. "Loh apa hubungannya?" Gini sobat bapakear. Reklamasi itukan membangun semacam pulau buatan gitu. Itukan dulu tempat tinggal ikan, terumbu karang, dll. Jadi menurut saya pemerintah harus campur tangan langsung dalam menjaga keasrian laut Indonesia.

4. Membagikan / membuat program Pembuatan kapal Nelayan

Yap! Pada saat bu susi jadi menteri, beliau membuat program membagikan 1000 kapal ikan ke seluruh Indonesia. Hasilnya apa? Terjadi peningkatan kwantitas ikan di daerah daerah penghasil ikan! Sepertinya cara seperti ini harus dilakukan ya minimal 5 tahun sekali dan jumlahnya tidak harus 1000 setidaknya ada peningkatan jumlah armada penangkap ikan.

5. Meningkatkan Pengawasan di Perairan Perbatasan.

Memang sering kita dengar di berita tv bahwa ada banyak kapal ikan asing yang 'ditenggelamkan' bu susi saat jadi menteri. Tapi mungkin masih banyakkkkkk nyatanya praktek pencurian ikan. Pemerintah melalui POLAIR / TNI AL nampaknya harus menjaga Wilayah perairan NKRI. Agar tidak terjadi lagi pencurian hasil alam negeri kita yang kaya raya ini.

Terima kasih!🌻🌻🌻

Keep in touch with me in :
IG : @Bapakear
E-mail : rizkyapriansyaaah@gmail.com

Kalo mau bincang santai mengenai dunia perairan dan perikanan Indonesia, dm / email aja kita atur jadwal🙃

Jaya terus laut Indonesia!!!

Post a Comment

0 Comments