Makassar, Akhirnya saya ke Sulawesi


"Mak, ini namanya pulau apa mak? Bentuknya aneh kaya apaan tau" tanya saya kepada emak saya polos. "Itu namanya pulo sulawesi tong, itu kampungnya bang puru itu makassar ada disitu" jawab emak saya dengan logat betawi banget.



Percakapan itu masih saya ingat sampai saya dewasa. Ya, saya bercita cita ingin mengunjungi seluruh wilayah yang ada di indonesia. Seenggaknya, kota kota besar di tiap provinsi lah ya. Akhirnya pada saat magang di salah satu perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia saya diberi kesempatan untuk terbang ke makassar ( karena ada event ). Bahagia dan semangat, 2 hal itu langsung ada di benak saya ketika mendapat kabar dari Salah satu staff kantor yang bertugas mereservasi tiket.

"Anjir, mau ke makassar nih" ledek pegawai kantor yang tau jika saya memang ingin keliling indonesia. Menurut teman sma saya, ada hal lucu tentang orang makassar. Jadi ketika ada kata benda yang berakhiran 'n' akan dibaca 'ng'. Contoh pada kata 'ikan'. Makan akan dibaca 'ikang' oleh warga pulau sulawesi selatan. Saya tidak bermaksud meledek ya, saya kagum dengan keunikan ini.

Singkat cerita, sampailah saya ke Makassar. Betapa kagetnya saya diceritakan oleh supir taksi bahwa Makassar itu rata rata bisnisnya dipegang keluarga Pak Jusuf Kalla. Iya, mantan wakil presiden Indonesia. Apa apa pokoknya ada Kalla nya dah. Dari mall, hotel, dan lain lain. Untung aja enggak ada klub sepak bola yang namanya FC KALLA . Pasti gamenang menang tuh, soalnya kalla terus.wkwkwkwkwk

Sampe hotel, saya langsung cabut lagi ke pantai losari (karena acara kantornya besok bukan gua ugal ugalan nih) bener coy, cara manggilnya unik pedagang pisang disana. Dengan cara tepuk tangan. Dalam hati saya "Anjir, emang gua lagi sulap apa ditepok tanganin". Dan ternyata itulah uniknya indonesia. Ternyata disini tepuk tangan untuk manggil pembeli.

Senang rasanya bisa mengetahui Indonesia lebih luas. Saya bisa menghargai perbedaan, saya bisa menghargai suatu budaya dan saya bisa belajar banyak sekali hal tentang persatuan.

Dah segitu aja, nanti bikin tulisan selanjutnya tentang makassar lagi yaa.

Salam,
Rizky Apriyansah a.k.a bapake ganteng.
Tetap lah berbuat baik 🌻


Keep in touch with me in :
IG : @Bapakear
E-mail : rizkyapriansyaaah@gmail.com

Post a Comment

0 Comments