SAYA DAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Tanjung priok. apa yang pertama kali terbayang dari benak kalian semua tentang nama daerah yang saya sebutkan tadi? kekerasan? tempat kumuh? atau mungkin lainnya. sempat terdengar menyakitkan bagi saya ketika menyebut nama daerah tempat saya tumbuh berkembang dan menjadi manusia seutuhnya dikenal sebagai daerah yang terkenal hanya karena "keburukannya".

baiklah, memang begitu keadannya. tapi mari kita telisik lebih jeli lagi mengenai daerah yang katanya "keras" ini.

yap! jangan lupakan Pelabuhan Tanjung Priok. salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan ter modern sistemnnya dibanding pelabuhan lain di indonesia. beruntung bagi saya, ketika tulisan ini dibuat saya sedang menjalankan program magang dari kampus di pelabuhan istimewa ini.

menjadi seorang yang bekerja dipelabuhan adalah impian bagi setiap orang tua yang tinggal di jakarta utara. karena begitu deras informasi mengenai gaji dan uang saku bagi mereka yang bekerja di pelabuhan.

yak, saya sendiri mengakui. bahwa di pelabuhanlah banyak rupiah menjalankan fungsinya. di pelabuhan priok lah perekonomian jakarta utara berjalan. saya sendiri melihat betapa sibuknya pelabuhan ini. pagi ke sore, sore ke malam, malam ke pagi. tidak ada berhentinya lalu lalang kontener memasuki daerah pelabuhan. disini juga banyak orang menggantungkan karir mereka. ada yang memulai dari menjadi TKBM  (Tenaga Kerja Bongkar Muat) , tenaga pengamanan lapangan , hingga Pegawai Negeri Sipil.

sedih rasanya, ketika tempat istimewa ini dikenal hanya karena keburukan. terutama ketika salah seorang menteri yang harusnya menjadi panutan dan pasti menjadi konsumsi publik tiap perangainya meng-identik-kan daerah priok sebagai daerah tertinggal dan menteng sebagai daerah maju yang dia bilang angka krimilitas nya juga lebih tinggi di priok.

yasudah , mari kita sama sama memaafkan menteri terkait. dan berdoa semoga di kemudian hari tidak ada tokoh politik bangsa ini yang berkata demikian lagi.

tapi ketahuilah, menjalani magang di pelabuhan tanjung priok tepatnya di Otoritas Pelabuhan Tj Priok. menyadarkan saya betapa pentingnya kota ini menjadi penyangga ekonomi Negara yang kita cintai ini. bayangkan betapa milyar uang bergerak di pelabuhan ini? berapa orang ternafkahi oleh pelabuhan ini? berapa pejabat makan enak dari pelabuhan ini?

itulah sebabnya saya menulis artikel ini, saya harapkan orang priok berbangga dengan daerahnya dan mencoba mengikis hal hal negatif yang sudah dikenal penduduk daerah lain terkait keburukan jakarta utara khususnya priok.

Priok indah, bukan kata saya. kata PNBP yang dihasilkan.

jakarta 2020.
Rizky Ganteng

Post a Comment

0 Comments