MENGUNJUNGI NUSANTARA REGAS SATU

Sebuah kesenangan tersendiri bagi saya  yang merupakan anak magang dapat mengunjungi salah satu pembangkit listrik untuk daerah jawa barat dan sekitarnya (dalam kasus ini Jakarta termasuk) tapi yang uniknya adalah, pembangkit listrik ini berbentuk kapal (beneran kapal sumpah) dan ada di tengah laut tepatnya di tengah teluk jakarta. ya kalo mau kesana intinya lewat dermaga yang di ancol tuh.

proses mengunjunginya terbilang rumit. karena harus berhadapan dengan pihak ISPS di dermaga ancol. ya wajar ya rumit namanya juga kitakan ibaratnya mau mengunjungi tangki gas besarrrr banget ditengah laut. jadi ya, safety is number one. singkatnya, abis nulis daftar pengunjung, gue di briefing oleh pihak terkait mengenai apa apa saja yang tidak boleh. sekitar 30  menitan lah. ya kadang sumpek juga mata dengerin orang menerangkan apa yang sudah kita ketahui tapi mau ga mau harus didengerin kan.hehe

oke singkatnya, briefing dah kelar. semua pengunjung naik semacem crew boat gitulah ya. tapi ada yang belum dateng! caur! gue dan rombongan udah siap dari jam 6.30 diatas crew boat, tapi ada yang masih ditunggu. goks! doi yang ditunggu tunggu dateng jam 8.30. dan mendengar pernyataan doi yang bilang "iya mas maaf telat, soalnya rumah di priok" busetwkwk. priok ke ancol kan deket ya.wkwk pengen gua tampol tapi bapak bapak, yaudahlah gajadi. kegondokan gua kalah dengan rasa antusias gua untuk mengunjungi kapal ini.

akhirnya, jeng jeng jeng!
sampelah kami di FSRU Nusantara Regas Satu. sebuah FLOATING STORAGE REGASIFICATION UNIT a.k.a pembangkit listrik tenaga gas alam yang ada di tengah laut sekitar 30 mnt naik crew boat dari dermaga ancol.

wow, keren banget. kata kata itu yang terbesit di benak gue saat pertama kali gue liat penampakannya. ternyata emang manusia semakin zaman semakin canggih.

segini dulu.
tar gue lanjutin.

jakarta 2020
rizky ganteng

Post a Comment

0 Comments