STIGMA NEGATIF TENTANG PETANI DAN NELAYAN BAGI KAUM MILENIAL


Saya pernah ikut sebuah seminar tentang Kopi, disana diajarkan dari mulai Pertanian Kopi hingga output dari pertanian kopi dijelaskan baik industri kopi sachet dan juga Coffee shop serta penjelasan dalam tentang Ilmu Barista.

Tapi ada yang sangat sangat menyita perhatian saya pada saat seminar. Pada saat pemateri menjelaskan tentang pertanian kopi, hampir semua peserta terlihat diem , ngantuk , dan lain lain (yaa intinya keliatan ga minat lah ya dengan materi itu) . Tapi, ketika Pemateri memberikan Materi tentang "Barista" . Wow, semuanya langsung melek dan senyum senyum bahagia. Btw, hampir semua peserta seminar ini adalah anak muda dengan umur sekitar 18 - 25 tahun.

Yang ada di benak gua adalah, kok bisa ya mereka begitu? Kenapa ya mereka hanya tertarik dengan Materi Barista dan kurang menikmati materi Pertanian Kopi? Ternyata setelah saya panjang lebar bercakap dengan salah satu peserta seminar. Dia mengatakan bahwa "Petani kan buat orang tua, kerenan Barista, lebih berduit Barista..." dan wow! Saya terkejut. Lantas kenapa itu bisa terjadi. Beliau juga bilang bahwa ada temennya kuliah di Salah satu Institut Pertanian di jawa barat dengan jurusan Pertanian pula, tapi malah sekarang bekerja sebagai bankir. Okelah, let it happen.

But, saya juga menyayangkan. Kenapasih anak yang kuliah pertanian sangat sedikit sekali yang ketika lulus juga kerja di dunia pertanian? Begitu pula tentang dunia perikanan. Saya ( penulis ) sendiri punya teman yang lulusan Teknologi Hasil Perikanan malah sekarang bekerja menjadi Bartender. Wow, kenapa ya bisa demikian.

Oke mari kita bangun Stigma Yang benar.
Seharusnya ketika orang didesa menguliahkan anaknya, yang dikatakan BUKAN seperti ini "Kuliah yang bener ya nak, biar kalo udah lulus kerja di kantor gausah jadi petani seperti ibu/bapak". Kita ubah menjadi. "Kuliah yang bener ya nak, biar kalo lulus bisa mengembangkan teknologi pertanian dikampung kita dan mensejahterakan kampung kita".

Seperti itu🌻
Semoga kita semua bisa mengubah Stigma stigma negatif itu dan menjadi penerus bangsa yang mencintai alam dan laut indonesia🌻🌻🌻


Keep in touch with me in :
IG : @Bapakear
E-mail : rizkyapriansyaaah@gmail.com

Kalo mau bincang santai mengenai dunia perairan dan perikanan Indonesia, dm / email aja kita atur jadwal🙃

Jaya terus Indonesia!!!

Post a Comment

0 Comments