ANAK MAGANG, NGAPAIN AJA?

 

“ki, foto copy in ini dong” .. “ki anterin ini kesana dong..” “ki parkirin motor saya dong..” ..”ki ceramahin saya dong..” “ki jadiin aku pacar kamu dong..” anjir gua bête banget selama magang Cuma dapet omongan seperti yang udah gua tulis diatas (kecuali yang terakhir haha).

 

Tiap saat, gua kira program “magang” yang ada di kampus gua menjadi hal indah , yaitu gua bisa menapaki jejak indah dunia kerja di tempat kerja gua kelak. Nyatanya? Syalaaaan. Ternyata mostly gua Cuma menjadi asisten pribadi para pekerja di kantor tempat gua magang. Sedih rasanya, ternyata hal yang gua bayangkan luar biasa kenyatannya malah menjadi hal yang males gua jalanin. Rasa rasanya tiap hari hanya menanti hari jumat datang karena libur kan besoknya haha. Tapi seiring berjalannya waktu, gua mulai “memberontak”. Ya! Memberontak! Dimana kampus gua yang terkenal dengan senioritas yang sangat kental gua coba berubah. Gua coba membangkang dari system yang ada. System yang isinya cuman nyuruh nyuruh dan membudakkan anak anak magang. Beruntung saat itu, gua bertemu dengan orang yang jujur gua awalnya memandang rendah orang ini ( karena bukan satu almamater ama gua). Ternyata dialah yang merubah mind set gua terkait masa magang atau bahasa kerennya internship.

“Bro, lu anak magang yak?” Tanya nya dengan nada santai. “iya mas, nama saya rizky.. biasa dipanggil kiki aja mas”. Jawab gua dengan nada lemes lemes semangat ( lemesnya lebih banyak daripada semangatnya ). “udah sebulan ya ki? Tapi gua liat lu sebulan ini kalo kekantor perangai lu nunjukkin kalo lu memang ga semangat. Raga lu disini, hati dan semangat lu kayaknya ditempat lain. Denger yak i, jangan mau untuk sekedar disuruh suruh. Jangan mau mengerjakan hal pribadi diluar hal kerjaan yang karyawan suruh ke elu. Inget, elu berbeda dan gua bisa melihat itu. Pas awal masuk, lu adalah orang yang sangat bersemangat. Semangat yang gak pernah gua liat selama hidup gua. Cuman akhirnya lu begini kan kayak gasemangat. Inget ki, lu punya nilai” ucapnya sambil langsung ninggalin tempat duduk disamping gua. 



 

Wow! Langsung terngiang ngiang di kepala gua “LU PUNYA NILAI!”. Seseorang yang selama ini gak pernah gua tegor bisa menilai gua begitu. Mulai detik itu, gua langsung semangat menjalani masa magang lagi. Semenjak saat itu, tiap disuruh fotocopy suatu hal, hal yang gua lakuin adalah bertanya. Itu dokumen apa sih yang gua lagi fotocopy. Dan setelah gua tau, ketika ada orang yang minta untuk memfoto copy. Gua selalu beralasan dengan berbagai alas an agar tidak disuruh fotocopy. Gua jadi lebih giat untuk bertanya ke karyawan tentang apa yang mereka kerjakan. Tentang bagaimana menangani sesuatu yang mereka kerjakan ketika ada masalah.

Buat kalian anak magang lainnya, tetap semangat! Itu adalah bagian dari kehidupan kalian. Harus dijalani! Disuruh suruh sedikit? Wajar. Tetapi ketika disuruh suruhnya sudah keasikan. Abaikan! Kewajiban kalian adalah belajar. Dan hak kalian adalah menerima ilmu pengetahuan!

Jangan patah semangat, hidup memang banyak seninya!

Jakarta 2020.

Rizky ganteng

Post a Comment

0 Comments