Teruntuk Anak Muda yang Sedang berjuang

 Dear Pejuang,

kamu enggak salah, kamu sedang dijalan yang benar! iya benar. ucapan orang orang lain yang menghina mu, itu bukan pertanda kalo kamu sedang salah jalan. saya yakin, ketika kamu menjalankan semuanya dengan cinta dan tujuan mulia. kamu akan menggapai hasilnya dengan memuaskan sebentar lagi, ya sebentar lagi. omelan orang tua yang mengira kamu sedang tidak ngapa ngapain dan hanya menjadi beban. jangan dimasukin hati ya, jangan dijadiin dendam juga. bagaimanapun "Membahagiakan kedua orang tua" harus jadi wishlist urutan paling atas.


 

Dear pejuang,

jangan bosen! iya, jangan bosen untuk berusaha, biarin kata orang orang kamu itu gabakal sukses. itu bukan pertanda kamu enggak sukses. itu adalah cambukan buat kamu. jangan dijahatin, jangan dibenci, kalo udah sukses orang orang yang bilang kamu gabakal sukses jangan dibenci ya. kamu motivasi, karena udah ngerasain kan gimana rasanya di "pandang lemah" itu? iya! jangan malah kita jadi orang yang suka merendahkan ya. 

Dear pejuang,

jangan iri ngeliat instastory temen temenmu yang tiap malam nongkrong / ngopi di tempat yang wah. jangan iri ngeliat postingan temen temenmu yang tiap week-end ke bandung atau warpat puncak. jangan iri sama temen temen  yang kamera hapenya ada 3. kamu enggak harus iri. harusnya mereka yang iri dengan kamu. karena di masa muda, semangat mu masih menggebu gebu untuk sesukses mungkin. untuk bahagiain orang tua. untuk menjadi berguna ketika dewasa kelak. definisi bahagia itu bukan nongkrong di cafe mewah, tapi bahagia sesungguhnya adalah ketika selesai nongkrong di warmindo alias warkop semangatmu untuk sukses makin bertambah karena disemangatin temen temen yang sejalan.

dear pejuang,

hargain teman temanmu yang ada ketika kamu berjuang, hargain teman teman mu yang mau dengerin keluh kesahmu kemudian mengubahnya menjadi tawa, hargain temen temenmu yang bisa bahagiain kamu modal teh manis dan bubur ketan item di warkop. hargai mereka yang selalu ada disampingmu, rela menjadi orang yang "percaya" suatu saat kelak, kamu akan menjadi apa yang kamu cita citakan. jangan benci orang  orang yang menghujatmu ketika kamu sedang manjat tangga kesuksesan yang katanya sangat curam itu. rangkul mereka, motivasi mereka, bahkan bantu mereka . karena kamu sudah taukan bagaimana pedihnya dihujat ketika mengejar impian itu?

ya allah, ya tuhanku. 

kuatkan bahu anak muda yang bermimpi tinggi, kuatkan mentalnya. bersihkan jalan kesuksesannya dari duri duri hinaan. jadikan mereka kuat sesuai defisinimu, karena kamusmulah yang tidak pernah salah mengartikan kata "kuat" itu. jadikanlah hinaan bagi mereka menjadi semangat yang berapi api yang takkan padam selain dengan perkataan dan takdirmu. 



jakarta, november 2020

rizky ganteng

Post a Comment

0 Comments