SEKOLAH ASRAMA

 perlu diketahui gua adalah seorang mahasiswa ( kampus guasih nyebutnya taruna ) di salah satu sekolah pelayaran negeri yang ada di jakarta. harusnya gua enggak nulis salah satu, karena cuman satu sekolah pelayaran negeri di jakarta. hahaha kampus gua menganut sistem pendidikan "asrama". 

pas baru masuk kuliah ( mungkin kalian kenal dengan kata "ospek" ) gua masuk dan gaboleh keluar alias tidak boleh keluar asrama selama 3 bulan. 3 bulan beneran. enggak yang sabtu minggu pulang. full 3 bulan tanpa alat komunikasi. jadi ya 3 bulan aja gitu disana ikut kegiatan dan perkuliahan di sana 3 bulan. 


 

kalo lu mau tau rasanya 3 bulan di asrama tanpa alat komunikasi kaya hp, laptop, dan lain lain itu kurang lebih rasanya kaya .. kaya apa ya. ya bosen aja gitu. lu bayangin 3 bulan melakukan rutinitas yang sama. di jam yang sama, dengan orang orang yang sama.

kalo dibilang sia sia, kayaknya enggak juga deh. dari hidup berasrama gua jadi lebih tau rasanya "keluarga padahal bukan keluarga" bingung ya? sini gua jelasin. jadi gua itu ngerasa temen sekamar gua ya adalah gua. maksudnya gini, misal ketika sabun cuci baju temen sekamar gua abis, maka tanggung jawab gua adalah ngasih sabun cuci gua selama gua punya. pun kalo gapunya, gua bantu nyari. nyari loh ya, bukan maling. hihihi

 

selain itu, gua lebih tau rasa hormat. iya hormat, yang katanya udah pudar di era sekarang itu. asilk. ketika lagi liburan alias jalan jalan sama temen ke danau sunter. gua pernah ngeliat abege yaa sekitar umur 17an lah itu ngelewatin PPSU ( cleaning servisenya jekardah ) tanpa rasa permisi, dan ngeludah di sampahan yang lagi disapu lagi. anjir kesel banget gua. pelajaran menghormati siapapun gua dapet saat gua berasrama. karena apa? karena tradisi hidup di asrama begitu. sehingga jadi kebiasaan, dan jadi kebiasaan baik buat gua. 

kangen gua ngeliat sikap saling menhormati bagi abege ke orang tua begitupun sebaliknya.

 tapi malesnya gua di asrama, lu tau setelah 3 bulan gua keluar asrama apa yang gua sadari ketika sampe rumah? gua gerogi naek motor, ig udah update 3x, temen temen gua ignya naek 200+, gua gatau berita apa apa, gua gatau ternyata menteri ada yang udah diganti. hahah intinya gue udik. 

ya karena mungkin enggak diperbolehkan bawa hp dan kawan kawannya. tapi gua rasa pendidikan asrama tetap dibutuhkan sih untuk memupuk hal hal positif buat remaja indonesia sih. tapi gua juga gasetuju kalo gabawa hape dan alat komunikasi lainnya. tapi kalo bawa hape malah jadi engga masuk tradisi baik di asramanya. bingung gak lu?

kira kira ada saran gak biar ada cara yang lebih efektif gitu ?

haha segitu aja.

rizky ganteng

Post a Comment

0 Comments