STRUKTUR PELABUHAN

 

STRUKTUR PELABUHAN

 

1.   Penjelasan Umum

Pelabuhan menjalankan empat fungsi penting: administrasi (memastikan bahwa kepentingan hukum, sosial-politik dan ekonomi negara dan otoritas maritim internasional dilindungi), pembangunan (pelabuhan adalah promotor dan penggerak utama ekonomi suatu negara atau kawasan yang lebih luas), industri (industri besar memproses barang yang diimpor atau diekspor di pelabuhan), dan komersial (pelabuhan adalah titik persimpangan perdagangan internasional dimana berbagai moda transportasi saling bertukar; pemuatan, pembongkaran, transit barang).

Pelabuhan adalah fasilitas untuk menerima kapal dan mentransfer kargo terletak di tepi lautan, laut, sungai, atau danau. Pelabuhan memiliki peralatan penanganan muatan seperti crane dan forklift untuk digunakan dalam bongkar / muat barang, yang disediakan oleh kepentingan pribadi atau badan publik. Seringkali, pabrik pengalengan atau fasilitas pemrosesan lainnya akan berlokasi di dekatnya. Pilot pelabuhan dan kapal tunda digunakan untuk menggerakkan kapal besar di tempat sempit saat mereka mendekati dan meninggalkan dermaga. Pelabuhan yang menangani lalu lintas internasional memiliki fasilitas kepabeanan. (Sumber: Wikipedia)

Istilah "pelabuhan" dan "pelabuhan laut" digunakan untuk pelabuhan yang menangani kapal-kapal yang melaju di laut, dan "pelabuhan sungai" digunakan untuk fasilitas yang menangani lalu lintas sungai, seperti muatan dan kapal pengangkut dangkal lainnya. Beberapa pelabuhan di danau, sungai, atau kanal memiliki akses ke laut atau Samudra  disebut "pelabuhan pedalaman". Sebuah "pelabuhan perikanan" adalah jenis fasilitas pelabuhan atau pelabuhan yang cocok untuk pendaratan dan distribusi ikan. Sebuah "Pelabuhan Kering" (Dry Port) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan halaman yang digunakan untuk menempatkan kontainer atau kargo curah konvensional yg dihubungkan ke pelabuhan melalui kereta api atau jalan raya. Sebuah "pelabuhan air hangat" adalah pelabuhan di mana air tidak membeku di musim dingin.

Karena tersedia sepanjang tahun, pelabuhan air hangat dapat menjadi kepentingan geopolitik atau ekonomi yang besar, dengan pelabuhan Saint Petersburg dan Valdez sebagai contoh yang terkenal. Sebuah "port of call" adalah perhentian perantara, misalnya untuk mengumpulkan persediaan atau bahan bakar.

Kontainer kargo memungkinkan pengangkutan dan distribusi yang efisien dengan menghilangkan pemuatan paket yang lebih kecil di setiap titik pengangkutan, dan memungkinkan unit pengiriman disegel untuk seluruh perjalanannya. Kontainer standar dapat dengan mudah dimuat di atas kapal, kereta api, truk, atau pesawat terbang, sangat menyederhanakan transfer antar moda. Kargo sering kali datang dengan kereta api dan truk untuk dikonsolidasikan di pelabuhan dan dimuat ke kapal kontainer besar untuk pengangkutan internasional. Di pelabuhan tujuan, didistribusikan dengan transportasi darat.

Pelabuhan tersibuk di dunia diperebutkan oleh beberapa pelabuhan di seluruh dunia, karena belum ada cara standar untuk mengevaluasi kinerja dan lalu lintas pelabuhan. Selama dekade terakhir, perbedaan tersebut telah diklaim oleh Pelabuhan Rotterdam dan Pelabuhan Singapura. Yang pertama mendasarkan pengukurannya pada tonase kargo yang ditangani (total berat barang yang dimuat dan dibongkar), sedangkan yang terakhir peringkatnya dalam hal tonase pengiriman yang ditangani (total volume kapal yang ditangani).

Sejak tahun 2005, Pelabuhan Shanghai telah melampaui kedua pelabuhan tersebut untuk mendapatkan gelar dalam hal total tonase kargo.

Menurut Wikipedia, pelabuhan berikut memiliki berbagai klaim sebagai pelabuhan terbesar di dunia: Pelabuhan Shanghai, Pelabuhan Singapura, Pelabuhan Rotterdam, Pelabuhan Hong Kong, Pelabuhan New York / New Jersey.



New Picture (14)

 

Berbagai kamus memberikan entri utama berikut untuk kata 'port':

• tempat di perairan dengan fasilitas bongkar muat kapal.

• kota atau kota di perairan dengan fasilitas seperti itu.

• distrik tepi laut sebuah kota.

• tempat di sepanjang pantai yang memberikan perlindungan kapal dan perahu badai dan air yang deras; sebuah pelabuhan.

 

2.   Struktur pelabuhan

Istilah port, harbour, dan haven kurang lebih sama, tetapi masing-masing memiliki arti khusus.

 

 

Tata letak pelabuhan: Mar del Plata (Argentina)

 

1.   Kanal Kapal (Alur Pelabuhan)

Kanal kapal adalah penghubung antara jalur pelayaran laut dan pelabuhan perairan dalam di pesisir atau darat. Kehandalan saluran kapal penting untuk navigasi komersial serta kepentingan pertahanan nasional, untuk penyebaran cepat kapal Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai.

Alur pelabuhan sangat penting untuk kebutuhan menuju dermaga atau kolam suatu pelabuhan didalam kegiatan B/M barang atau peti kemas karena akan sangat menentukan besarnya kapal yg dapat sandar di dermaga yg berdampak semakin banyaknya cargoatau peti kemas yg di B/M sehingga akan mengakibatkan kegiatan ekonomi yg efisien.

 

 

annual review_Pic6

 

2.   Pemecah air (Break Water)

Pemecah gelombang melindungi saluran masuk pelabuhan, masuk dan keluar pelabuhan

 

3.   Kolam/Lembah Sungai

Suatu pelabuhan juga harus memiliki wilayah perairan, yang digunakan untuk:

a)  Tempat sandar kapal yang berupa kolam pelabuhan (Basin)

Hasil gambar untuk gambar kolam pelabuhan

Gambar 1.06 MOCK UP PELABUHAN

Hasil gambar untuk gambar kolam pelabuhan

Gambar 1.07 Kolam pelabuhan (Basin)

b)  Alur keluar kapal dan masuk kapal ke kolam pelabuhan (Jalur Pelabuhan)

annual review_Pic6

Gambar 1.08 Alur keluar - masuk kapal (Port Acces)

c)  Daerah tempat kapal berlabuh (Area Pelabuhan) atau Anchorage Area

Hasil gambar untuk daerah labuh kapal pelabuhan tanjung priok

Gambar 1. 08 Daerah labuh kapal (area pelabuhan)

 

4.   Sebuah pelabuhan adalah tempat keamanan dan kenyamanan, sebuah teluk kecil atau bagian terlindung lain dari suatu wilayah perairan terlindung dengan baik dari gelombang tinggi dan arus kuat, dan cukup dalam untuk lego jangkar bagi kapal dan lainnya. Ini merupakan tempat di mana fasilitas pelabuhan disediakan, misalnya akomodasi untuk kapal dan fasilitas penanganan kargo.

Kapal ditampung dan ditangani, yaitu dimuat dan dibongkar, pada struktur pelabuhan seperti; dermaga atau dermaga, dermaga dan dermaga, dan terkadang di sepanjang pemecah gelombang.

Setiap tempat di mana kapal dapat dengan aman berbaring di samping dermaga, dermaga atau dermaga, di jangkar atau pelampung, dan di mana dia dapat melakukan operasi bongkar / muat atau menaikkan dan menurunkan penumpang disebut dermaga. Dok kering adalah jenis dermaga terdiri dari baskom persegi panjang yang digali ke pantai dari badan air dan dilengkapi dengan dinding atau gerbang yang dapat dilepas di sisi ke arah air, digunakan untuk perbaikan besar dan perbaikan kapal.

Dermaga adalah istilah tertua dalam bahasa Inggris yang mengacu pada struktur pelabuhan. Ini menunjukkan setiap struktur kayu, pasangan bata, semen, atau bahan lain yang dibangun di sepanjang atau pada sudut jalur air yang dapat dilayari, dengan kedalaman air yang cukup untuk menampung kapal dan menerima dan membuang kargo atau penumpang. Istilah ini dapat diganti dengan dermaga bila diterapkan pada struktur kokoh yang bagus di pelabuhan besar.

 

 

 

Area antara dinding dermaga (terbuat dari pasangan bata padat) dan gudang terdekat atau fasilitas penyimpanan disebut apron dermaga Terminal Pelabuhan

Kata terminal mengacu pada fasilitas pelabuhan lengkap untuk menampung, memuat / membongkar muatan kapal dan untuk penyimpanan, penumpukan dan penanganan kargo di pantai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(misalnya terminal kargo curah, terminal minyak, terminal ternak, dll.).

Pemecah gelombang adalah struktur pelabuhan masif yang terbuat dari pasangan bata atau balok batu besar yang diletakkan di laut untuk melindungi pelabuhan dari gelombang dan arus. Terkadang istilah jetty dan pier digunakan memiliki arti yang sama.

Post a Comment

0 Comments