FASILITAS BONGKAR MUAT PELABUHAN TERMINAL CONTAINER

 


A. Kontainer Crane (Quay Container Crane)

Alat bongkar muat kapal di sisi dermaga, memiliki berbagai macam derek peti kemas, derek bergerak pelabuhan serta derek tetap dan tiang yang dipasang di rel, masing-masing tersedia dengan berbagai opsi yang direncanakan untuk tujuan tertentu. Solusi yang dibuat khusus  yang bernilai ekonomis - tersedia untuk setiap tugas operasi, ukuran kapal dan jenis pengangkutan. Semua derek dan komponen menjalani pengujian ketat di pabrik produsen, untuk menjamin kualitas dan ketersediaan jangka panjang yang diharapkan dari produk bermutu tinggi.

 

Di lingkungan pelabuhan modern, kehandalan dan produktivitas pengoperasiannya sangat diperhitungkan.

Derek peti kemas harus tersedia untuk memenuhi tingkat penanganan yang diminta oleh perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan.

Container Cranes dapat dipasok oleh perusahaan yg memiliki reputasi yang sangat baik untuk menghasilkan peralatan yang handal dan berkinerja tinggi. Berbagai macam crane kapal ke dermaga tersedia, dari ukuran Panamax hingga generasi terbaru dari Megamax dan Malacca-max crane dengan beban kerja yang aman dari 40 hingga 120 metrik ton (kontainer 4 x 20 kaki masing-masing berbobot 30 metrik ton) .

 

 

Sebagai contoh :

No

Jenis/Type Crane

Daya Jangkau

(Outreach)

Keterangan

1

Panamax

12-13 row

 

2

Post Panamax

18 row

 

3

Super Post Panamax

26 row

 

 

 

 

B. Harbour Mobile Crane

Untuk menangani semuanya, mulai dari tongkang atau kapal curah sungai kecil hingga kapal berukuran super post-panamax, crane mobile dapat digunakan.

Keuntungan menggunakan derek seluler adalah:

1.   Rangkaian aplikasinya terdiri dari penanganan kontainer yang sangat efisien, operasi massal hingga 1.500 metrik ton / jam, penanganan barang atau kargo umum dan bahkan lift berat hingga 140 metrik ton - hanya dengan penggantian attachment pengangkat yang mudah.

 

2.   Teknologi crane yang canggih memberi pengguna kemampuan manuver dan tekanan ke tanah yang sangat rendah, faktor-faktor yang memainkan peran penting di banyak pelabuhan.

 




 

C. Derek  Tetap dan Berjalan.

Ada derek yg dipasang di dermaga, di pelabuhan dan di galangan kapal tersedia di alas tetap (Fixed Cargo Crane) atau di gantri perjalanan yang dipasang di rel (Traveling Cargo Crane).

 

Rentang Fixed Cargo Crane (FCC) dan Traveling Cargo Crane (TCC) adalah solusi ekonomis dan hemat ruang untuk penanganan kargo dengan kapal hingga ukuran Panamax. Konsep ini ideal untuk pelabuhan dan galangan kapal dengan ruang terbatas untuk bermanuver, di mana tekanan tanah rendah sangat penting atau tempat derek yang dipasang di rel diperlukan.

Derek slewing/tetap/tertanam itu sendiri adalah desain yang telah terbukti dengan kapasitas hingga 300 metrik ton.

• Pengeluaran awal yang rendah, biaya pengoperasian dan perawatan yang ekonomis.

• FCC dan TCC dapat dilengkapi dengan berbagai jenis derek agar sesuai dengan semua kargo dan memastikan efisiensi penanganan maksimum efisiensi penanganan, missal : wire luffing, cylinder luffing, derek penarik / penampung beban berat atau gelagar ganda.

• Rangkaian luas lampiran kerja memungkinkan crane dikonfigurasi untuk tujuan tertentu (penanganan kontainer atau curah), untuk operasi multiguna atau aplikasi khusus.

• Sistem kontrol mencakup kontrol sensor beban hidrolik  atau

sistem kontrol kecepatan tinggi.

• Tampilan area kerja dan beban yang tidak dibatasi memastikan pemuatan dan pembongkaran yang akurat.

 


 


 

D. Derek dan Peralatan Penumpukan

Kebutuhan untuk pengangkutan kontainer berkecepatan tinggi, peralatan dan derek susun  menunjukan kebutuhan keunggulan teknologinya. Dengan penanganan yang tepat, gerakan tersinkronisasi, dan kecepatan tinggi, dapat mencapai frekuensi penanganan beban tinggi dengan biaya yang rendah per pergerakan kontainer.

Standar kualitas yang tinggi dan kemudahan pemeliharaannya memangkas waktu seminimal mungkin dalam meningkatkan profitabilitas.

1.   Reach Stacker

Alat berat yang ditandai dengan boom teleskopik melengkung, menawarkan fungsi penanganan yang hingga saat ini tidak tersedia dan memiliki banyak fitur unik lainnya seperti transmisi hidrostatis penuh dan sistem peredam kejut yang sangat efisien.

• Berkat desain yang revolusioner, akses ke kontainer baris/row kedua dan ketiga dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan kontainer dari baris depan.

• Bongkar / muat kontainer dari atau ke bawah permukaan tanah mudah, seperti akses langsung ke penyebar dari tanah

• Kontrol kecepatan dengan pengatur daya otomatis membuat pergerakan berjalan mulus dan mudah dikontrol, serta efisiensi maksimum, yang tercermin dalam konsumsi bahan bakar yang rendah.

• Pengoperasian pencapaian stacker yang sederhana dan tepat secara ergonomis dilakukan dari kabin pengemudi yang besar dan berperalatan lengkap dengan standar visibilitas menyeluruh.

 

Contoh :

 




 


 


 

2.   Rail Mounted Stacking Cranes

Derek susun yang dipasang di rel (RMG's) diproduksi sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa  dan mengikuti perkembangan dalam desain dan teknologi. Fitur desain khusus juga tersedia, seperti otomatisasi dan komputerisasi pengoperasian derek, Derek susun yang dipasang di rel tersedia dalam berbagai model dengan rentang dari 35 meter hingga dan melebihi 72 meter.


Derek Susun yang Dipasang di Rel.

           

3.   Rubber Tyred Gantry Crane

Derek gantri ban karet (RTG) diproduksi sesuai  kebutuhan pengguna jasa dalam berbagai model. Tersedia bentang derek antara lima (5) dan delapan (8) kontainer (ditambah jalur truk) dan ketinggian pengangkatan antara satu (1) lebih dari tiga (3) hingga satu (1) lebih dari enam (6) kontainer tersedia.

RTG crane dirancang dalam konfigurasi roda delapan (8) atau enam belas (16) dengan kontrol penggerak AC atau DC. Fitur desain khusus juga tersedia seperti otomasi dan komputerisasi operasi crane,

Post a Comment

0 Comments